Berita

Berita

Berita terkait kegiatan maupun agenda yang akan dilaksanakan di NTB. Berita selengkapnya ada di Website Pemerintah Provinsi NTB
Kemenperin Apresiasi Industrialisasi Maju Melaju: NTB Terpilih Menjadi Locus Event Tahunan Bangga Buatan Indonesia (BBI)

Mataram - Dalam upaya memperkuat dan memajukan sektor industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia, Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menjalin kolaborasi yang erat dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dekranasda NTB. Diskusi yang berlangsung pada hari ini bertujuan untuk menggarap even Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dijadwalkan akan diselenggarakan di NTB pada bulan Desember tahun ini.

 

Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Perindustrian NTB meraih kehormatan besar setelah dipilih sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan event tahunan Bangga Buatan Indonesia (BBI) oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Keputusan ini diumumkan setelah sejumlah pertimbangan strategis dan potensi yang dimiliki oleh NTB dalam industri kreatif dan manufaktur, Kamis 4/4/2024.

 

Dalam pernyataannya, Ditjen IKMA Kemenperin Ibu Reni menyebutkan bahwa NTB telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengembangkan sektor industri kreatif dan manufaktur. Keputusan ini juga didasarkan pada pencapaian yang signifikan yang telah dicapai oleh NTB dalam memajukan industri lokal, termasuk kerajinan tradisional, pertanian, dan pariwisata dan lain sebagainya.

 

Pj Gubernur NTB melalui Pj Sekda Pak Ibnu Salim bersama dengan para pemangku kepentingan terkait, menyambut baik keputusan ini dan berjanji untuk memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan acara tersebut. 

 

"Kami sangat bangga dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada NTB untuk menjadi tuan rumah event tahunan Bangga Buatan Indonesia. Kami akan bekerja keras untuk memastikan bahwa acara ini menjadi sukses besar dan memperkuat citra NTB sebagai pusat inovasi dan kreativitas," Ujar Pj Sekda NTB.

 

Acara Bangga Buatan Indonesia (BBI) dicanangkan bertepatan dengan HUT NTB. BBI ini telah menjadi platform yang penting untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia serta memperkuat kemitraan antara pelaku industri, pemerintah, dan masyarakat. Dengan dipilihnya NTB sebagai locus event bergengsi ini, diharapkan akan membuka peluang baru bagi pengembangan industri kreatif dan manufaktur di daerah, serta meningkatkan daya saing produk-produk lokal di pasar domestik maupun internasional.

 

Adapun yang menjadi sasaran Gernas BBI secara nasional berjumlah 30 juta UMKM (onboarding) tahun 2024, termasuk jumlah itu bagian dari NTB. Sehingga pelaksanaan BBI nantinya akan melibatkan seluruh IKM/UMKM se NTB yang kemudian akan di pilih sebanyak 30 IKM terbaik yang akan membuka standar bayar pada saat acara berlangsung.

 

Kemudian skema pelaksanaan mulai dari pendampingan, kurasa IKM yang akan masuk onborading, promosi, pameran offline, showcasing, seremoni/harvesting hingga monitoring. Dari segala proses itu akan disinergikan dengan semua stakeholder baik di pusat maupun di daerah, khususnya dengan Dekranasda NTB.

 

Dalam pertemuan tersebut turut hadir lengkap tim dari Kemenperin antara lain Ibu Reni Yanita selaku Ditjen IKMA dan Riefky Suswandi selaku Sekretaris Ditjen IKMA beserta tim ahli kementerian lainnya. Kemudian sebagai tuan rumah disambut hangat oleh Sekda NTB Ibnu Salim, Ketua Dekranasda ibu Hj. Lale Prayatni, Zuharia Mardiyanti selaku Pj Ketua DWP Provinsi NTB, Kadisperin NTB Nuryanti beserta tim ahli Pemprov lainnya.

 

“Hasil dari pertemuan ini dapat memberikan arah yang jelas dan langkah-langkah strategis yang dapat kami ambil untuk memperkuat posisi produk-produk BBI di pasaran dan meningkatkan kontribusi sektor industri terhadap perekonomian daerah” tutup Nuryanti Kadisperin NTB.

 

Di akhir pertemuan, tim dari Ditjen IKMA mengunjungi NTBMall sebagai etalse produk-produk lokal NTB dan Ibu Dirjen dihadapan ketua Dekranasda dan jajarannya mengapresiasi sinergi antara OPD berjalan baik sehingga industrialisasi maju melaju semakin meningkat.

pada 08 Apr 2024
Pelepasan Mudik Ceria Gratis 2024: Momen Bahagia bagi Pemudik

Mataram - Dalam upaya mendukung pemudik yang hendak merayakan lebaran dengan keluarga di kampung halaman, Pemerintah Provinsi NTB kembali mengadakan program pelepasan mudik ceria secara gratis tahun 2024. Program ini memberikan kesempatan bagi pemudik untuk pulang ke kampung halaman tanpa bayaran, sehingga masyarakat dapat merayakan momen lebaran dengan keluarga tanpa beban biaya transportasi (6/4/2024).

 

Pelepasan mudik ceria gratis dilaksanakan Dinas Perhubungan Provinsi NTB merupakan salah satu upaya Pemprov NTB dalam mendukung kelancaran arus mudik saat menyambut Hari Raya Idulfitri. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti Jasa Raharja Provinsi NTB, Damri, Gapasdap dan menyediakan tiket gratis bagi pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman.

 

Dalam sambutan Pj Gubernur NTB yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu M. Faozal, S.Sos., M.Si, Pj menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya program pelepasan mudik ceria gratis, yang telah masuk tahun ke-4 terselenggaranya program tersebut. Dirinya berharap program tersebut, dapat memberikan kemudahan bagi para pemudik dalam merayakan lebaran bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi.

 

“Tahun ini, tahun ke-4 terselenggaranya mudik ceria gratis ini. Tentunya bersyukur mudik gratis ini dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya membacakan sambutan Pj Gubernur NTB di halaman kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

 

Dalam acara yang sama, Kepala Cabang Jasa Raharja Dicky Siwa Permadi, S.E, menyatakan berbahagia bisa mengantarkan para pemudik untuk pulang berkumpul bersama dengan keluarga tercinta. Dirinya berpesan untuk hati-hati dalam berlalu lintas dan tetap menggunakan kendaraan yang pajak kendaraannya hidup. 

 

“Bahagia sekali sore ini bisa mengantarkan teman-teman pemudik untuk pulang berkumpul dengan keluarga tercinta, dan tentunya jangan lupa untuk menggunakan kendaraan yang pajaknya hidup," tukasnya. 

 

Para pemudik yang berpartisipasi dalam program ini mendapatkan tiket gratis serta fasilitas lainnya yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Selain itu, mereka juga mendapatkan bimbingan dan pengawalan selama perjalanan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama mudik.

 

Program pelepasan mudik ceria gratis tahun 2024 menjadi bukti nyata kepedulian Pemprov NTB terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama bagi yang ingin berkumpul bersama keluarga di momen sakral seperti lebaran. Diharapkan dengan adanya program ini, para pemudik dapat pulang ke kampung halaman dengan perasaan aman, nyaman, dan bahagia. (pnd/dyd/kominfotikntb)

pada 07 Apr 2024
Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

Mataram - Pj Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, menutup kegiatan gelegar pesona khazanah ramadhan 1445 Hijriyah dirangkaikan dengan Berayan di Islamic Center Masjid Raya Raya Hubbul Wathan, Mataram (5/4/2024).

 

Miq Gite sapaan akrab Pj Gubernur NTB yang juga didampingi Pj Ketua PKK NTB Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi menyampaikan pelaksanaan selama 20 hari rangkaian Ramadhan di Islamic Center dihajatkan untuk berbagai aktivitas menyemarakkan suasana Ramadhan, termasuk didalamnya pelaksanaan ibadah, dengan menghadirkan imam-imam populer dari timur tengah.

 

"Dengan imam-imam populer itu, bagaimana lantunan ayat suci Al-Quran, bagi masyarakat NTB yang belum bisa melaksanakan umroh, setidaknya disini seakan merasakan aura dan suasana sedang berada di Mekkah dan Madinah," ungkapnya.

 

Diharapkan, gelegar pesona khazanah ramadhan pada tahun-tahun berikutnya semakin ramai dengan berbagai aktivitas kegiatan islami. Selain menjadi ajang promosi penyelenggaraan ibadah umroh, haji dan lain sebagainya, sehingga tempat ini menjadi tempat pertukaran informasi serta kegiatan perekonomian masyarakat.

 

"Tentunya, panitia sudah mencatat berbagai kelebihan maupun kekurangan dalam pelaksanaannya, kemudian pada tahun-tahun berikutnya bisa disempurnakan dengan terus menggerakkan UMKM lebih banyak lagi terlibat. Menghadirkan berbagai kuliner," tuturnya.

 

Sebelumnya diadakan pula penyerahan bantuan sosial secara simbolis kepada para petugas kebersihan dan kaum dhuafa, berkolaborasi dengan Dinas Sosial dan Baznas NTB.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Direktur Bank NTB Syariah, Kepala BI, Wakil Ketua DPRD NTB, Kepala OPD lingkup Pemprov, awak media beserta tamu undangan lainnya. (san/dyd/kominfotikntb)

pada 06 Apr 2024
Pemprov NTB Beri Dukungan dan Terbitkan Rekomendasi Pendirian Fakultas Kedokteran UMMAT

Pj Gubernur NTB yang diwakili oleh Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M. (Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB) memberi dukungan dan menerbitkan Rekomendasi Pendirian Fakultas Kedokteran kepada Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), bertempat di Ruang Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram pada Kamis 4 April 2024. Doktor Najam sapaan akrabnya juga merupakan kader aktif Persyarikatan Muhammadiyah NTB yang saat ini menjabat sebagai Ketua Lembaga Kerjasama dan Kajian Strategis PWM NTB.

 

Dalam kesempatan tersebut, Doktor Najam menyampaikan pesan dan motivasi dari Gubernur NTB kepada seluruh sivitas akademik UMMAT untuk terus memberikan layanan pendidikan terbaiknya untuk generasi penerus NTB. Doktor Najam juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi UMMAT yang telah banyak melahirkan lulusan terbaik yang telah mengabdi dilingukngan pemerintah provinsi maupun kabupaten di NTB.  

 

"Bahwa dalam rangka mencetak sumber daya manusia di bidang ilmu kedokteran yang unggul, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat menyambut baik dan memberikan rekomendasi kepada Universitas Muhammadiyah Mataram untuk percepatan proses pendirian Fakultas Kedokteran," jelas Kadis. 

 

Sementara itu, Rektor UMMAT Drs. H. Abdul Wahab, M.A. menyatakan terima kasih atas segala dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat selama ini. Kami akan terus berbenah memperbaiki layanan pendidikan dan kualitas sarana prasarana di lingkungan UMMAT. Dan tentunya melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat keberadaan UMMAT dapat lebih diterima oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat. Tampak Rektor UMMAT didampingi oleh WR1, WR2, Kepala Biro UMMAT/Wakil Ketua PWM dan Ketua Majelis Pustaka dan Dokumentasi PWM NTB.

 

Kebutuhan akan tenaga kesehatan di Provinsi NTB masih sangat dibutuhkan, hal ini terlihat pada setiap rekrut tenaga ASN selalu terdapat formasi tenaga kesehatan terlebih dokter. 

 

Hal inilah yang mendorong pihak kampus yang ada di Nusa Tenggara Barat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan bidang kesehatan. Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melihat ini sebagai sebuah peluang dan kesempatan untuk memberikan lulusan-lulusan terbaiknya yang akan mengabdi tentunya untuk NTB, khususnya tenaga dokter untuk kebutuhan kabupaten kota sampai pelosok desa di Nusa Tenggara Barat. (novita, dedy, kominfotikntb)

pada 05 Apr 2024
Peringatan Nuzulul Quran 1445 H di IC, Asisten III: Kuatkan Iman, dan Hidupkan Hati dengan Al-Qur'an

Mataram-Dalam rangka peringatan Nuzulul Quran tahun 1445 Hijriah/ 2024, yang berlangsung di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center hari ini, di awali dengan sambutan dari Asisten III (Administrasi dan Umum) Setda NTB H. Wirawan, S.Si., M.T.,

mewakili Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat. Dalam sambutannya, Asisten III mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk menguatkan iman dan menyemarakkan hati dengan bimbingan Al-Qur’an.

 

“Dalam momen yang penuh berkah ini, mari kita kuatkan iman kita dan hidupkan hati dengan Al-Qur’an, kitab suci yang menjadi petunjuk bagi umat manusia,” ujar Asisten III saat memberikan sambutan di IC, Rabu (03/4/2024).

 

Asisten III yang akrab di sapa H. Wirawan, menegaskan bahwa Al-Qur’an adalah sumber kebijaksanaan dan pedoman hidup yang utama bagi umat Islam. Dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian dalam kehidupan, kekuatan iman dan keteguhan hati dapat diperoleh melalui bimbingan dan petunjuk yang terkandung dalam Al-Qur’an.

 

Asisten III juga menekankan pentingnya untuk memahami dan mengamalkan ajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. 

 

“Dengan mendalami makna-makna Al-Qur’an dan mengimplementasikannya dalam tindakan kita, kita dapat menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan mendapatkan kedamaian di dunia dan akhirat,” tambahnya.

 

 

H. Wirawan, juga menyampaikan NTB terus menghadirkan kemajuan, saat ini Provinsi NTB termasuk dalam daerah yang memiliki IPM yang tinggi, NTB juga mampus melaksanakan pemilu aman dan damai, menekan angka stunting, hingga inflasi. Tentu semua itu bukan hanya atas kerja keras pemerintah NTB, tetapi berkat dukungan, dari masyarakat dan para tokoh agama yang senantiasa memberikan pencerdasan dan nilai-nilai hidup kehidupan kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat. 

 

“Provinsi ntb terus menghadirkan kemajuan. NTB sekarang termasuk dalam daerah yang memiliki IPM yang tinggi, melaksanakan pemilu dengan aman dan damai, dan stunting bisa kita tekan dan terakhir Inflasi dapat di tekan, Semua ini tentu berkat dukungan dari masyarakat NTB dan ikhtiar dari tokoh agama yang senantiasa memberikan pencerdasan kepada masyarakat” tutupnya. 

 

Peringatan Nuzulul Quran ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Al-Qur’an dan menghidupkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan bimbingan Al-Qur’an, umat Islam di NTB dapat mencapai kebahagiaan dan kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. (Pnd/her/Diskominfotikntb).

pada 04 Apr 2024
Pantau Layanan Mudik, Pemprov NTB Kolaborasi Semua Pihak

Mataram-Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat memastikan arus mudik Lebaran tahun ini lancar dan nyaman bagi masyarakat. Untuk itu, semua pihak yang terlibat dalam pelayanan publik mulai transportasi sampai fasilitas pendukung lainnya melakukan pemantauan lapangan, Kamis (06/04/2024). 

 

"Arus mudik adalah rutinitas tahunan. Namun demikian seluruh stakeholder yang yang ada tak boleh lengah dan memastikan pelayanan maksimal bagi masyarakat", ujar Asisten II, Setprov NTB, H Fathul Gani di pelabuhan Lembar, Lombok Barat yang ditugaskan Pj Gubernur melaksanakan pemantauan. 

 

Dalam kegiatan pemantauan di terminal utama dan pelabuhan serta bandar udara internasional tersebut, selain para kepala dinas terkait seperti perhubungan, kesehatan, pariwisata dan lainnya juga melibatkan otoritas seperti perusahaan angkutan, jalan raya, asuransi, kebencanaan sampai keamanan melakukan pemantauan aspek keamanan dan kenyamanan masyarakat. 

 

Selain skenario operasional arus mudik, pemantauan terkait kelancaran pelayanan mulaj harga, pembelian tiket dan ketersediaan armada transportasi juga aspek keamanan dan kenyamanan masyarakat dengan dukungan dari TNI dan Polri. Pengeceka n kesehatan dan narkoba juga dilakukan bagi awak transportasi bus di seluruh titik keberangkatan dan kedatangan penumpang selain pengecekan kelaikan kendaraan. 

 

"Ini upaya Pemprov NTB dalam mendukung kesiapan dan kelancaran pelayanan semua pihak bagi masyarakat", ujar Asisten lagi.

 

Pantauan H - 6 hari ini, arus penumpang masih normal di terminal Mandalika, pelabuhan Lembar dan Kayangan dan bandara BIZAM. Di posko posko mudik Lebaran telah tersedia layanan informasi dan kesehatan selain konter konter pelayanan tiket dan angkutan terusan dengan petugas yang siap melayani. 

 

Secara umum, arus lalu lintas maupun pengaturan area terminal dan pelabuhan juga masih nornal meski skenario puncak kepadatan seperti dikatakan GM Cabang PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Lembar Agus Djoko Trianto, telah disiapkan karena naiknya arus mudik tahun ini sebesar lima persen dari tahun lalu. General Manager Angkasa Pura I Minggus E.T Gandeguai, SE MM bandara BIZAM juga mengatakan, kapasitas bandara untuk 19 ribu orang tersebut baru digunakan oleh lima ribuan orang. Pihak otoritas bandara juga terus memantau harga tiket dan potensi keterlambatan pesawat udara selama musim mudik. (jm/her/kominfotik)

pada 04 Apr 2024
Safari Ramadhan, Pj Gubernur Resmikan Layanan Penyeberangan

Lombok Timur-Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat memastikan seluruh layanan mudik Lebaran tidak hanya nyaman namun aman.

Selain meresmikan ruang tunggu VIP pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Pj Gubernur, Drs HL Gita Ariadi, MSi berpesan agar keselamatan agar keselamatan perjalanan menjadi yang utama. 

"Setiap penumpang menjaga keselamatan diri dan pihak otoritas selalu memperhatikan cuaca dan berkoordinasi dengan BMKG", ujarnya di Pelabuhan Kayangan, Kamis (04/042024). 

Pj Gubernur juga menekankan penyelenggaraan pelayanan publik yang nyaman menjadi prioritas pemerintah propinsi. Selain fasilitas, ia juga mengapresiasi para petugas lapangan selama musim mudik berlangsung. 

Sementara itu, Pj Bupati Lombok Timur, M Juani Taofik menegaskan mendukung kebijakan pemerintah propinsi terkait pengaturan lalu lintas mudik terkait logistik dan penumpang. 

"Kami telah menyosialisasikan surat edaran terkait jam operasional truk logistik dan mengapresiasi semua stakeholder dalam peningkatan pelayanan", sebutnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat sekitar dan menyerahkan  bantuan rumah dari dana CSR salah satu perusahaan kepada masyarakat. (jm/her/diskominfotik)

pada 04 Apr 2024
Safari Ramadhan, Pj Gubernur Puji Potensi Lotim

Kekayaan dan potensi kabupaten Lombok Timur sangat besar untuk menyejahterakan masyarakat. 

"Potensi Lombok Timur sangat besar mulai dari puncak gunung sampai dasar laut. Oleh karena itu patut disyukuri dan dijaga dengan sinergi antara pemerintah dan masyarakat", ujar Pj Gubernur, Drs HL Gita Ariadi, MSi di Masjid Jamiq Baiturrahman, Apitaik, Pringgabaya, Lotim, Kamis (4/4/2024) 

Hal itu dikatakan Miq Gita usai shalat tarawih bersama jamaah dan masyarakat Apitaik dalam rangkaian Safari Ramadhan 1445 H. 

Potensi tersebut seperti dikatakan Miq Gita mulai Rinjani yang menjadi destinasi wisata internasional sampai pengembangan bliu economy dengan hasil laut. Untuk itu, dialog antara masyarakat dan pemerintah harus intens dilakukan seperti program Jumat Salam. 

KoDikatakannya, dialog intens tersebut terbukti  kobanyak capaian yang diraih seperti penurunan angka stunting tersukses sebanyak 8,1 persen dari 34,7 menjadi 24,6 di bidang kesehatan masyarakat. Begitupula dengan kerukunan yang ditunjukkan pasca Pemilu harus dapat dipelihara hingga Pilkada Nopember mendatang. 

Pj Bupati Lotim, M Juani Taofik mengatakan, dari 1307 mesjid se Lotim, gairah masyarakat sangat tinggi dalam ibadah Ramadhon. Dan Mesjid Baiturrohim bisa terpilih menjadi lokasi Safari Ramadhan Pemprov NTB. 

Dikatakannya, kesadaran masyarakat diperlukan dalam memberikan kelancaran dan keamanan arus mudik yang kebetulan berada di pinggir jalan negara. 

Ditambahkannya, dalam bulan bulan terakhir, Pemkab terus memonitor harga bahan pokok dan seiring panen raya harga beras turun.

"Hasil evaluasi masih paling bawah dari tujuh kab/ kota di NTB dan siap menyambut Lebaran dengan harga yang stabil dan terjangkau", ucapnya.

Iapun menambahkan, agar suasana Lebaran aman dan damai dengan membangun kemesraan yang baik antar warga, toga dan toma.(jm/her/Kominfotik)

pada 04 Apr 2024
Apel Siaga: Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

Mataram, NTB - Badan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersatu dalam menggelar Apel Siaga guna memastikan pengamanan pasokan dan stabilnya harga pangan menjelang Idul Fitri 2024. Acara ini diadakan sebagai langkah proaktif dalam menghadapi potensi lonjakan permintaan dan fluktuasi harga pangan menjelang momen penting bagi umat Islam.

 

Para peserta Apel Siaga yang terdiri dari Kepala Badan Pangan Nasional, Menteri Pertanian RI, Perwakilan dari BPS RI, Beberapa Penjabat Gubernur, sedangkan Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, beserta pejabat teras Provinsi NTB mengikuti via Daring di Pendopo Gubernur NTB, berkumpul untuk menyusun strategi dan langkah-langkah konkret dalam menghadapi tantangan tersebut.

 

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pangan Nasional, Arif Prasetyo Adi, S.T., M.T menegaskan pentingnya kerjasama lintas sektor dan sinergi antar stakeholder dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan. Dijelaskannya acara tersebut tidak akan berjalan sukses kalau tidak ada dukungan dari seluruh Stakeholder pangan. 

Harapnya Pangan indonesia harus maju dan harus jaya. 

 

“Pentingnya kerjasama lintas sektor dan sinergi dari semua Stakeholder” jelasnya. 

 

Beberapa langkah yang diambil dalam Apel Siaga ini antara lain peningkatan monitoring pasokan dan harga pangan, peningkatan koordinasi antara petani, distributor, dan pedagang, serta kampanye penyuluhan kepada masyarakat mengenai pola konsumsi pangan yang sehat.

 

Di tempat yang berbeda dalam acara yang sama masyarakat sangat bersyukur dan merasa terbantu akan adanya pasar murah yang di lakukan serentak di seluruh Indoensia ini khususnya NTB, masyarakat sangat senang dan sangat antusias untuk berbelanja untuk memenuhi kebutuhan pokok menyambut hari raya Idul Fitri. 

 

“Sangat membantu sekali, untuk mempersiapkan persediaan bahan pokok menyambut hari raya, terlebih disini kan harganya lebih murah dari pasar” cerita Umi, salah satu pengunjung pasar murah di Taman Sangkareang Senin, (01/04/2024).

 

Di lain sisi Simah salah satu pengunjung pasar murah serentak itu menceritakan bahwa dirinya sudah datang sejak pagi, untuk berbelanja kebutuhan pokok. 

 

“Saya datang kesini pagi-pagi, untuk mencari bahan pokok, khususnya daging karena takut kehabisan” tutupnya. 

 

Diharapkan melalui Apel Siaga ini, NTB dapat menghadapi masa Idul Fitri dengan lebih siap dan terorganisir dalam hal ketersediaan dan harga pangan. Semua pihak berkomitmen untuk bekerja sama demi terwujudnya kondisi pangan yang aman, cukup, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat NTB.(Pnd/opk/diskominfotikNTB).

pada 02 Apr 2024
Kepala BKD NTB: Mutasi Sesuai Prosedur dan Ijin Mendagri, SK Pelantikan Dibagikan Setelah Petikan SK Dicetak

Pelaksanaan Mutasi Pejabat pada tanggal 25 Maret 2024 oleh Pemerintah Provinsi NTB telah memenuhi ketentuan berdasarkan Pasal 25 Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2022 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pelaksanaan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Manajemen Aparatur Sipil Negara.

Hal tersebut diungkapkan Drs. M. Nasir selaku Kepala BKD Provinsi NTB di Mataram, Selasa 2 April 2024.

"Mutasi Sesuai Prosedur dan Ijin Mendagri, SK Pelantikan Dibagikan Setelah Petikan SK Dicetak," jelas M. Nasir. 

Lebih jauh M. Nasir menjelaskan, dalam rangka pelaksaan mutasi pejabat pada Pemerintah Provinsi NTB, Pj. Gubernur NTB telah bersurat ke BKN dengan surat Nomor: 821.1-1/5303/BKD/2023 tanggal 13 November 2023 yang lalu. Surat tersebut berisi Permohonan Persetujuan Teknis Mutasi/Rotasi/Promosi JPT Pratama, Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemprov NTB.

Surat tersebut kemudian direspon oleh BKN dengan surat Plt. Kepala BKN Nomor : 662/R-AK.02.02/SD/K/2024, tanggal 26 Januari 2024. Respon tersebut berdasarkan Pertimbangan Teknis Mutasi, Pengangkatan, Pengukuhan, dan Pemberhentian Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

"Surat ini sebagai dasar Pemerintah Provinsi NTB untuk mengajukan permohonan ijin pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri, yang ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi NTB dengan bersurat ke Kemendagri melalui surat Nomor : 821.1-1/636/BKD/2024, tanggal 20 Februari 2024," jelas M. Nasir. 

Surat tersebut berisi persetujuan Penetapan Mutasi/Rotasi/Promosi Jabatan Administrator, Pengawas dan Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi NTB. Atas dasar surat tersebutlah, Menteri Dalam Negeri Dirjen Otonomi Daerah memberikan persetujuan pelantikan sesuai dengan surat Nomor : 100.2.2.6/1963/OTDA, tanggal 8 Maret 2024 hal Persetujuan Pengangkatan, Pelantikan, Pengukuhan, dan Pemberhentian Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi NTB.

Dari data di atas, M. Nasir menegaskan, pelaksanaan mutasi tanggal 25 Maret 2024 oleh Pemerintah Provinsi NTB telah sesuai dengan Prosedur yang ditetapkan dengan mengacu pada: Pasal 132A ayat (1) huruf a dan ayat (2) PP Nomor 49 Tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga Atas PP Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, menegaskan bahwa Penjabat Kepala Daerah atau pelaksana tugas kepala daerah dilarang melakukan mutase pegawai. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dikecualikan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Apapun berdasarkan Pasal 25 Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2022 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pelaksanaan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Manajemen Aparatur Sipil Negara disebutkan bahwa:

Ayat (1): Untuk mewujudkan penyelenggaraan Manajemen ASN di Instansi Pemerintah yang sesuai dengan NSPK Manajemen ASN, dalam hal terdapat kekosongan PPK, pejabat yang ditunjuk tidak dapat melakukan pengangkatan, pemindahan, pemberhentian, promosi, dan mutasi kepegawaian;
Ayat (2): Dalam hal terdapat kebutuhan Instansi Pemerintah, pejabat yang ditunjuk sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat melakukan pengangkatan, pemindahan, pemberhentian, promosi, dan mutasi kepegawaian setelah mendapat pertimbangan teknis Kepala BKN. (novita, kominfotikntb)

pada 02 Apr 2024
Menampilkan 1 sampai 10 dari 4218 berita
Facebook