Berita

Berita

Berita terkait kegiatan maupun agenda yang akan dilaksanakan di NTB. Berita selengkapnya ada di Website Pemerintah Provinsi NTB
Bunda Niken Beri Pesan Bagi Anak Muda Agar Tetap Cinta Daerah Sendiri Melalui Seni Teate

Pagelaran teater on stage 2022 berlangsung sukses di Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat pada kamis (06/07). 

On stage theater 2022 diselenggakan mulai tanggal 2-8 Oktober, Kali ini Insomnia Theater Movement mengangkat tema Max Arifin dan teater, dimana menceritakan kisah tentang Putri Mandalika yang merupakan kisah asli dari daerah NTB dan pertama kali dibuat menjadi pagelaran teater. 

Bunda Niken memberikan apresiasi pada pagelaran teater on stage ini karena dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dan dikemas dalam balutan kisah legenda di Nusa Tenggara Barat. 

"Hasilnya memang luar biasa, kita bisa memahami apa yang dirasakan oleh putri Mandalika semasa hidupnya sehingga disini kita bisa mengetahui pergulatan batinnya, dan akhirnya kita bisa melihat bahwa putri Mandalika memang seorang putri yang lebih memilih cinta kepada masyarakatnya daripada perpecahan yang akan terjadi" ujarnya. 

Pagelaran on stage sendiri diselenggarakan setiap tahun dengan beberapa konten termasuk diskusi yang dilakukan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi komunitas kreatif dalam sharing dengan pegiat-pegiat teater lainnya. 

Bunda Niken juga menyampaikan bahwa, pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan fasilitas untuk belajar menganai dunia teater bagi para pemula dan sineas teater lainnya. 

"Pemprov menyediakan fasilitas seperti tempat dan ruangan untuk belajar dan tentunya harapannya setiap tahun bisa berlangsung dan di dukung oleh masyarakat" ungkapnya. 

Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian Nuryanti SE., ME dalam rangka terus memberikan dukungan bagi berkembangnya industri kratif di NTB. 

"Kalau dalam sektor industri dunia teater mungkin hampir sama dengan perfilman artinya bisa menjadi salah satu sarana untuk sosialisasi tentang program-program industrialisasi yaitu membuktikan rasa cinta kepada produk dalam daerah dan tentunya kebanggan kita munculnya pelaku-pelaku industri di teater" ucapnya. 

Pada on stage Theater 2022 ini, melibatkan pegiat teater profesional untuk menyampaikan semangat ekspresi dan pembuktian diri atas karya-karyanya di bidang teater dengan adanya special performance dari pegiat teater yang tersebar di seluruh NTB.

pada 07 Oct 2022
Gubernur NTB Sambut Para Peserta Ironman 70.3 Lombok

Mataram—Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut kedatangan para peserta event olahraga Triathlon Ironman 70.3 Lombok 2022 pada acara Welcome Dinner yang diselenggarakan di Holiday Resort Lombok, Kab. Lombok Barat, Kamis (06/10).

“Saya sangat senang Bapak/Ibu bisa berkenan datang dan berkunjung menyapa Provinsi kami di NTB ini. Hari Sabtu menjadi moment of truthnya, suatu event yang berkesan. Semoga bukan hanya menyampaikan kesan yang mendalam dari NTB, tapi juga memperoleh sesuatu yang _meaningful_ dalam kehidupan,” kata Gubernur.

Bang Zul, sapaannya pun menyampaikan bahwa tahun depan (2023), Provinsi NTB akan kembali menjadi tuan rumah untuk event balap MotoGP. Ia berharap event-event internasional tersebut kedepannya dapat diadakan berdekatan, sehingga pra wisatawan bisa lebih lama menikmati NTB. 

“Tahun depan Lombok akan menjadi tuan rumah dari MotoGP, kita berharap event Ironman dan MotoGP tahun depan bisa bersamaan atau berdekatan. Mudah-mudahan Bapak/Ibu enjoy disini, dan tidak hanya menikmati event Ironman, tetapi juga event-event lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, pada Kamis (6/10) siang, sebanyak 114 orang peserta event Ironman 70.3 Lombok telah tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM). Selain para perserta yang datang hari ini, pada hari sebelumya telah datang peserta lainnya dan besok juga dijadwalkan akan datang beberapa peserta lainnya.

Turut hadir dalam acara welcome dinner tersebut yaitu beberapa Kepala OPD lingkup Pemprov NTB beserta para stakeholders terkait. (dea/irfan/diskominfotikntb)

pada 06 Oct 2022
Dari Penyelenggaraan Pesona Budaya, Wagub NTB Harap Banyak Lahir Desa Wisata

Wakil.Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., menerima Kepala Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur, Kamis (6/10), di Aula Pendopo Wakil Gubernur NTB. 

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Banjar Sari, Hasmiludin menyampaikan tentang kegiatan pesona budaya Ngayu-ayu yang telah dilaksanakan di desanya sejak Hari Senin, 3 Oktober 2022 kemarin.

Mendengar hal tersebut, Wagub NTB yang akrab disapa Ummi Rohmi, memberikan apresiasi sekaligus berharap berbagai kegiatan-kegiatan budaya seperti ini dapat merangsang tumbuhnya desa-desa wisata baru di NTB. 

"Harapan kita dengan desa wisata ekonomi berkembang kembali, potensi yang ada di sana dimasifkan dengan baik. Intinya harus kompak antara kepala desa kadus dan masyarakat", pesan Ummi Rohmi.

Selain kondisi desa, masyarakat dan lingkungan juga harus sehat, ramah, bersih dan juga terdapat lahan untuk sampah. Itu semua merupakan bagian dari usaha untuk mewujudkan desa wisata 

Hasmiludin selaku Kepala Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur menjelaskan bahwa kegiatan pesona budaya dalam bentuk Ngayu-ayu adalah sebagai rasa syukur atas apa yang didapatkan kemarin. Diawali dengan ritual ritual adat leluhur yang terdahulu. Yang diikuti oleh pagelaran wayang kulit, gendang belek, gamelan, dan ritual ritual khusus dalam rangka meminta hujan sebagaimana kebiasaan leluhur dulu.

Acara inipun sudah berlangsung sejak Senin kemarin, dan akan diselenggarakan selama 5 hari.
"Nanti sekaligus beliau akan didaulat mengunjungi posyandu keluarga, posyandu kamipun saat ini sudah bebas stunting", jelas pak Kades.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para kepala desa dan di kecamatan setempat dan kecamatan tetangganya.(Nia/Irfan/diskominfotik)

pada 06 Oct 2022
Pemprov NTB Dorong Semua Elemen Terus Berinovasi dan Berkreasi

Pada Momentum Event Golden Talent Hunt STIPAR Soromandi Bima

 

Pemerintah Provinsi NTB, mendorong semua elemen, baik itu generasi muda Soromandi Bima ataupun generasi muda di NTB, untuk terus berinovasi dan berkarya guna memberikan yang terbaik untuk NTB. 

 

Hal tersebut disampaikan, Gubernur NTB Dr. H.Zulkieflimansyah melalui Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB, H. Wirawan Ahmad S.Si, M.T.,  yang didampingi General Manager Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa Ir. Hadi Santoso, ST., MM., Selasa (4/10/2022) di kampus STIPAR Soromandi Kabupaten Bima.

 

Oleh sebab itu, Pemprov. NTB mengapresiasi ajang pencarian bakat  bertajuk ‘Golden Talent Hunt’ sebagai sarana untuk pencarian bakat aktris, penyanyi dan model dari daerah. Sehingga peserta yang terpilih mampu mengharumkan nama daerah, khususnya Bima dan umumnya NTB di kancah Nasional.

 

“Acara Golden Talent Hunt di STIPAR Soromandi merupakan ajang pencarian bakat bagi remaja dan generasi muda didaerah. Sehingga mereka yang terpilih dapat mengharumkan nama daerah, demi mewujudkan NTB Gemilang,”ucap Kepala BRIDA NTB.  

 

Menurut Wirawan, BRIDA merupakan bagian dari OPD yang terus menggiatkan upaya untuk mempromosikan daerah. Sehingga dikatakannya bahwa Ajang audisi kali ini, adalah salah satu cara cerdas untuk lebih mengenalkan NTB ke pentas nasional. Apalagi sebelum ini banyak talenta dari Bima yang sudah dikenal seperti Eka Bima dan lainnya.

 

Hal seperti ini selaras dengan prioritas Nasional, yang telah menjadikan NTB sebagai daerah Super Prioritas Nasional untuk pengembangan Pariwisata Nasional.

 

“Pak Gubernur NTB, menitip pesan, agar kita terus berkreasi, berinovasi, berkontribusi untuk membangun daerah kita, dengan cara-cara sesuai denga tugas dan fungsi kita masing-masing,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, bahwa Gubernur NTB telah menunjuk dirinya untuk mewakili, karena BRIDA adalah instansi pemerintah provinsi NTB yang menjadi mitra kerja bagi Pergurun Tinggi (PT) yang ada di Provinsi NTB, termasuk STIPAR Soromandi Bima.

 

"Banyak Program BRIDA yang dapat dikolaborasikan dengan kampus-kampus yang ada di Bima. Misalnya ada kegiatan penelitian dan pengembangan. Dimana terbuka akses bagi civitas akademika STIPAR untuk melaksanakan join riset, ada program Beasiswa NTB untuk keluar negeri maupun dalam negeri," terang Wirawan.

 

"Atas nama Pemerintah Provinsi NTB, kami sangat mengapresiasi dan antusias atas terselenggaranya acara ini. Selamat dan sukses kepada STIPAR Soromandi Kabupaten Bima, yang telah menyelenggarakan acara Golden Talent Hunt,” pujinya.

 

Ia berharap, acara seperti ini, dengan format dan tema yang berbeda, akan bergantian diselenggarakan di Bima, sehingga pihaknya lebih sering untuk silaturahmi dengan masyarakat Bima.

 

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kab. Bima Hj. Rostiati Dahlan, menyampaikan rasa bangga atas kegiatan ajang pencarian bakat dan talenta putra-putri di daerah. Sehingga ke depan, para peserta dapat mempromosikan nama Kabupaten Bima ditingkat Nasional.

 

“Ini kegiatan yang sangat bagus, disamping menampilkan bakat, peserta juga menampilan fashion daerah seperti tenun khas Bima,”ujarnya.

 

Ia juga menyampaikan apresiasi atas perhatian Gubernur NTB, melalui Kepala BRIDA, hadir membersamai pada kegiatan tersebut. Mendukung dan memberikan motivasi terhadap generasi muda untuk tampil dan wadah mengekpresikan diri.

 

Ketua STIPAR Soromandi-Bima, Abustam, S.Sos, SH, MH juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada Pemerintah Provinsi NTB, melalui Kepala BRIDA telah hadir untuk menyaksikan acara ini. Termasuk sempat berdialog dengan para mahasiswa terkait Beasiswa NTB. Ia juga berharap agar pemerintah memperhatikan kemajuan Kampus di Bima termasuk STIPAR Soromandi-Bima. 

 

"Kampus STIPAR Soromandi-Bima, merupakan cikal bakal kampus yang akan mencetak SDM yang memiliki kapasitas untuk memajukan daerah di NTB,”ujarnya.

 

Sehingga dirinya berharap diawal rintisan membangun SDM ini mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah kabupaten, Provinsi NTB hingga Nasional.

 

Sebelumnya, General Manager Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa Ir. Hadi Santoso, ST., MM., bersama dengan Kepala BRIDA NTB, berdialog dengan STIPAR Soromandi dan mahasiswa STKIP Harapan Bima, terkait beasiswa NTB.

 

General Manager Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, mengingatkan mahasiswa agar mempersiapkan diri dan cepat mencari informasi terkait beasiswa, baik di website resmi  atau Medsos Pemprov maupun BRIDA NTB.

 

“Ikuti terus informasinya di website dan medsos resmi BRIDA NTB dan LPP NTB. Persiapkan diri, penuhi syarat secara administrasi dan manfaatkan akses yang ada, untuk mendapatkan beasiswa tersebut," ujar Hadi.

 

Ia menjelaskan bahwa salah satu tugas DP Geopark Tambora-SBR PS yang diamanahkan perundang-undangan dan Gubernur NTB adalah melakukan pengembangan/penguatan Edukasi d Kawasan Geopark Tambora. Dan pihaknya pun  telah melakukan MoU dengan BRIDA NTB melalui LPP NTB dan PTS/PTN yang ada di NTB.

 

"Termasuk STIPAR Soromandi Bima dll. Sehingga, pada kesempatan kali ini kami menjembatani kolaborasi antara STIPAR Soromandi dengan BRIDA NTB dalam mensukseskan program Edukasi, khususnya peningkatan kapasitas, riset, inovasi, dll," terang Hadi.

 

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain, Aktris dan Sutradara dari Maya Entertain, Camat Soromandi, para kepala desa, dewan juri, mahasiswa STIPAR Soromandi,mahasiswa STKIP Harapan Bima, tokoh masyarakat, pemuda dan peserta audisi. (edy/opic/diskominfotikntb)

pada 06 Oct 2022
Target Masuk Top 3, Wagub NTB Harap Seleksi Pemilihan Puteri NTB Berjalan Baik

Pemilihan Puteri Indonesia Perwakilan NTB untuk tahun 2023 akan digelar pada November 2022 mendatang. Untuk itu Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah berharap pemilihan berjalan dengan baik dan mendapatkan perwakilan NTB yang sebaik-baiknya. 

Hal tersebut disampaikan Ummi Rohmi, sapaan Wagub, saat menerima Audiensi Yayasan Putri Indonesia NTB di Aula Pendopo Wagub pada Kamis 6 Oktober 2022. 

"Proses seleksinya harus betul-betul supaya dapat yang pas," pinta Wagub. 

Sementara itu, Drg. Farida Istiarini perwakilan dari Yayasan Puteri Indonesia NTB menuturkan seleksi pemilihan sedang berjalan di Kabupaten dan Kota se-NTB. Saat ini seleksi tengah memasuki tahapan Goes to Campus. Untuk kemudian babak grandfinal akan digelar 18 November 2022 mendatang. 

Farida juga menuturkan, NTB menargetkan untuk masuk Top 3 pada pemelihan tahun depan. Hal tersebut bukan hal yang mustahil dikarenakan NTB memiliki ragam budaya yang tidak kalah bersaing di kancah Nasional. 

"Kami menargetkan Top 3 pada pemilihan Puteri Indonesia 2023," tandasnya. (novita, irfan, diskominfotikntb)

pada 06 Oct 2022
Hari Pengurangan Risiko Bencana 2022, Pemprov NTB Fokus Edukasi Mitigasi Bencana Bagi Anak

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyambut baik Rangkaian Acara Peringatan Hari Pengurangan Risiko Bencana atau International Day for Disaster Risk Reduction tahun 2022 yang akan digelar pada 13 Oktober mendatang.

Acara tersebut akan difokuskan untuk mengedukasi anak-anak terkait mitigasi bencana. Dengan berbagai lomba bertema kebencanaan yang diadakan dari Taman Kanak-Kanak sampai jenjang Mahasiswa.

Hal tersebut disampaikan Wagub Ummi Rohmi, saat menerima Audiensi Geopark Rinjani, dan Forum Pengurangan Resiko Bencana Siap Siaga di Aula Pendopo Wagub, Kamis 6 Oktober 2022. 

"Saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh Geopark Rinjani, Siap Siaga dan NGO yang lain. Saya berterimakasih atas kerjasama yang telah dijalin dan beharap kolaborasi bisa trus dilaksanakan," tutur Ummi Rohmi. 

Sementara itu Meliawati selaku Ketua Panitia menjelaskan lebih jauh terkait konsep acara. Geopark Rinjani menggandeng sebanyak-banyaknya pihak untuk sadar akan bencana, terutama anak-anak sebagai kelompok rentan. Karena selama ini, banyak program mitigasi bencana namun tidak banyak yang menyasar anak-anak. 

"Untuk itu kami melakukan upaya semacam penyadartahuan. Dengan cara anak-anak juga," tutur Meliawati. 

Akan ada Lomba mewarnai bertema kebencanaan untuk anak TK dan SD, Story telling, Lomba story telling cipta dan baca puisi untuk SMP, cerdas cermat bertema bumi dan kebencanaan, untuk SMA dan Mahiswa kebencanaan. Masa penyesihihan sendiri telah  dilakukan sejak bulan september. (novita, irfan, diskominfotikntb)

pada 06 Oct 2022
Pemprov NTB Siap Dukung Kegiatan World Muscle Tour & Sport Festival 2022

Mataram -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat siap mendukung perhelatan World Muscle Tour & Sport Festival 2022 yang direncanakan akan berlangsung pada tanggal 17 - 20 November yang diinisiasi oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional. 

Ketua TP-PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengatakan bahwa Pemprov NTB akan senantiasa mendukung berbagai event yang akan berlangsung.

"Kita disini selaku pemerintah daerah akan berusaha untuk bisa memberikan dukungan layanan yang mudah-mudahan bisa bersama kita koordinasikan," tutur Bunda Niken saat Rapat bersama Kormi Nasional di Pendopo Tengah Gubernur NTB, Rabu (05/10).

Bunda Niken berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan setelah perhelatan WSBK dan tentunya dapat diikuti oleh peserta yang banyak.

"Diperkirakan diharapkan akan ada 5000 orang yang akan mengikuti kegiatan World Muscle Tour & Sport Festival ini dan itu akan dilaksanakan dengan kerjasama kita semua, diharapkan dilaksanakan setelah acara WSBK yang akan datang," ungkap Bunda Niken.

Sementara itu Ketua DPN Persatuan Olahrga Pernapasan Indonesia (PORPI), Perdaningrum Yuniarti mengucapkan terimakasih atas support yang diberikan oleh Pemprov NTB.

"Luar biasa teman - teman di NTB dan sangat kreatif dalam membuat ide - ide kegiatan," tuturnya.

Ia juga berharap agar berbagai produk unggulan UMKM NTB nanti pada saat acara dapat diperkenalkan dan bahkan bisa dijadikan oleh - oleh bagi para peserta.

"Banyak sekali produk unggulan NTB, salah satunya mutiara, nantinya akan kami perkenalan kepada peserta yang datang dari berbagai daerah," ungkapnya.

pada 06 Oct 2022
Rayakan 25 Tahun Imamat RD. Maryono, Gubernur NTB: Jadikan Sosok Beliau Contoh Terbaik Menjadi Manusia Rendah Hati

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyampaikan bahwa sosok Romo Maryono adalah living example contoh terbaik menjadi manusia yang betul-betul berjalan menyapa semua hati kita yang begitu tawadhu.

“Seorang filsuf besar pernah mengatakan dunia ini sudah mencapai hal-hal yang luar biasa, kita sudah bisa terbang belajar dari burung, kita sudah bisa berenang belajar dari ikan, tantangan terberat saat ini adalah belajar menjadi manusia”.

Hal tersebut terungkap dalam sambutan Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB pada Perayaan Syukur 25 Tahun Imamat RD. Laurensius Maryono di Gereja Katolik Santa Maria Immaculata Mataram, Rabu (05/10).

Selanjutnya Bang Zul juga menyampaikan atas nama pemerintah dan pribadi merasa tersanjung bisa mengenal sosok yang luar biasa seperti Romo Maryono.

“Mudah-mudahan kebersajaan Romo Maryono bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, bukan hanya umat katolik maupun pemeluk kristiani tapi seluruh umat manusia”, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Uskup Denpasar, Mgr. Dr. Silvester San, Pr., berpendapat bahwa Romo Maryono adalah imam yang baik dan terbuka, bersahaja, humoris dan rendah hati serta gaya kepemimpinannya yang memberikan inspirasi dan teladan bagi yang lain.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada Romo Maryono yang telah memberikan diri kepada Keuskupan Denpasar, semoga tetap setia hingga akhir hayat”, ungkapnya.

Perayaan ini diadakan sebagai bentuk syukur umat katolik di Mataram bagi Romo Maryono yang sudah menjadi Pastor Paroki di Mataram sejak tahun 2010, jadi hampir setengah perjalanan 25 tahunnya menjadi Imam ada di Mataram.

Turut hadir dalam kegiatan ini bersama yaitu Walikota Mataram, Kakanwil Kemenag Provinsi NTB, Karo Kesra Setda Provinsi NTB, tokoh-tokoh agama, serta Muspida tingkat provinsi maupun kota lainnya. (Nina/Her/Diskominfotik)

pada 06 Oct 2022
Hadiri Bimtek Pemberdayaan Peran Serta Masyarakat, Gubenur NTB Bang Zul : Terimakasih KPK

Mataram - - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menghadiri Bimbingan Teknis Pemberdayaan Peran Serta Masyarakat "Mewujudkan Keluarga Berintegritas Melalui Penanaman Nilai - Nilai Anti Korupsi" yang diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia berlangsung di Hotel Golden Palace, Kamis (06/10).

Dalam sambutannya, Bang Zul mengucapkan terima kasih kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia yang selalu hadir memberikan pendampingan dan membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Gili Trawangan.

"Ini juga memberikan satu pelajaran untuk kita bahwa didampingi KPK memiliki banyak sekali manfaat untuk NTB, salah satunya dalam menangani masalah di Gili Trawangan," tutur Bang Zul.

Dalam kegiatan ini, diikuti oleh Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi NTB yang didampingi dengan pasangan masing - masing.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPK - RI Komjen Pol. Firli Bahuri, M.Si mengatakan bahwa pentingnya membangun identitas integritas dimulai dari keluarga, hal ini dikarenakan peran keluarga sangat penting dalam memberantas korupsi. 

"Korupsi ini menjadi perhatian kita semua dan merupakan tantangan kita untuk kita tuntaskan, kita berantas karena sesungguhnya korupsi inilah yang juga akan sangat mempengaruhi dan menentukan tujuan bisa terwujud atau tidak, karena itu mari kita bangun identitas integritas kita dimulai dari kehidupan keluarga salah satunya adalah untuk memberantas korupsi diperlukan peran penting daripada keluarga baik itu ayah, ibu, anak, maupun dalam inti keluarga itu sendiri," ujar Firli.

Pada pemaparannya, ia menjelaskan terkait indikator Pembangunan Nasional, diantaranya Angka kemiskinan, angka pengangguran, angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi, indeks p mbangunan masnusia, pendaftaran perkapita dan angkabgeboo ratio. 

Firly juga berpendapat bahwa sebuah pendidikan sangat penting, bahkan ia percaya dengan menerapkan pendidikan setinggi mungkin maka dapat menjadi senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia. 

"Melalui pendidikan bisa mengubah dunia
Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk bisa mengubah dunja," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan terkait tugas penting  pimpinan daerah, yakni mewujudkan tujuan negara, menjamin stabilitas politik dan keamanan, menjamin keselamatan masyarakat dari segala gangguan bencana dan pertumbuhan ekonomi.

Direktur Peran Serta Masyarakat KPK -RI
Brigjen Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi, Sik, Sh, Mm, Mh, melaporkan bahwa keluarga adalah lingkungan terkecil dalam mencegahnya terjadi korupsi.

"Kita harus mencegahnya dari diri kita sendiri kemudian lingkungan terkecil adalah keluarga. Maka dari itu program kita adalah mewujudkan keluarga berintegritas," ungkapnya. (ser/diskominfotik)

pada 06 Oct 2022
Kemenkum HAM Bentuk Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM di Wilayah NTB

Lombok Barat - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI membentuk Gugus Tugas Daerah (GTD) Bisnis dan HAM di Wilayah NTB. Gugus tugas ini bertujuan untuk menghormati, melindungi, memenuhi, memajukan, dan menegakkan hak asasi manusia. Selain itu, diharapkan dapat mewujudkan kepastian dan kepuasan penerimaan layanan serta penguatan akuntabilitas kinerja atas layanan yang diberikan.

Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., yang ditunjuk menjadi pembina gugus tugas daerah, mengatakan bahwa adanya gugus tugas ini dapat memediasi penyelesaian isu HAM yang ada sehingga percepatan bisnis, investasi dan lainnya dapat dilakukan tanpa merugikan kepentingan-kepentingan pribadi apalagi yang menjurus pada pelanggaran HAM.

Hal tersebut disampaikannya ketika mewakili Gubernur NTB menghadiri acara Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM dan Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di Sheraton Senggigi Resort pada Kamis (06/10).

"Apa yang terjadi selama ini, termasuk komplain yang tidak pro terhadap HAM, tentu kedepannya apabila proses sosialisasi mamou diimplementasikan dengan bagus, maka kualitas pembangunan di NTB dapat berjalan dengan baik," ujar Miq Gita.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM) Kemenkumham RI, Dr. Mualimin Abdi, SH, MH., menyampaikan bahwa HAM yang bersifat universal merupakan tanggung jawab bersama.

“Kalau HAM dipikul oleh pemerintah sendiri tidak akan sanggup, maka kewajiban setiap orang termasuk pelaku usaha untuk saling menghormati dan menghargai terhadap implementasi hak-hak asasi manusia”, ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham NTB, Romi Yudianto, menjelaskan bahwa pencanangan P2HAM bertujuan untuk mendorong satuan kerja agar melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM dengan sebaik-baiknya.

“Komitmen dalam mewujudkan layanan publik berbasis HAM di NTB dapat kami tunjukkan dengan capaian semua Unit Kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham NTB yang telah memperoleh penghargaan 12 predikat terbaik layanan berbasis HAM”, pungkasnya. (Nina/Irf/Diskominfotik)

pada 06 Oct 2022
Menampilkan 1 sampai 10 dari 2417 berita
Facebook