Berita

Berita

Berita terkait kegiatan maupun agenda yang akan dilaksanakan di NTB. Berita selengkapnya ada di Website Pemerintah Provinsi NTB
Doktor Najam jadi Narasumber PressCamp KPI Pusat di Sembalun, Dukung Konten Lokal yang Sehat dan Produktif

Lombok Timur, Diskominfotik NTB - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM, menjadi  narasumber dalam acara Konsolidasi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dengan media – PressCamp KPI Pusat yang berlangsung di Villa Ara, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (26/2/2024)

Doktor Najam mengatakan kepada seluruh media agar terus mendukung konten lokal yang sehat dan produktif, sehingga mampu memberikan dampak baik dan positif bagi pariwisata dan perekonomian di Provinsi NTB.

"Semoga kehadiran acara ini memberi dampak baik dan positif menggeliatkan patiwisata dan ekonomi di Nusa Tenggara Barat. Sekaligus memberi khabar baik dari NTB pada dunia atas kontribusi pemberitaan dan siaran sehat, produktif dan mencerahkan dari insan pers dan lembaga penyiaran. Siaran dan berita dari konten lokal kita yang produktif dan melimpah menjadi asa dan masa depan NTB bicara Siaran Sehat dan Berkualitas," tutur Doktor Najam.

Dalam paparannya, Doktor Najam memfokuskan materinya pada potensi Muatan Lokal dalam konten siaran, pentingnya peran media lokal dalam mengangkat konten lokal, terutama di NTB, sebagai kontribusi vital dalam memperkuat branding kearifan lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

"Saat ini, pentingnya ekspos kearifan lokal dalam menciptakan daya tarik global sehingga sangat berdampak baik bagi NTB," tuturnya.

Doktor Najam juga menambahkan bahwa dengan adanya konten lokal yang turut menghiasi konten-konten nasional, ini menjadi pintu masuk bagi masyarakat luas, termasuk dari luar, untuk memperoleh informasi tentang kearifan lokal di berbagai daerah.

Ia mengajak rekan-rekan media dan lembaga penyiaran, khususnya di NTB, untuk memanfaatkan akses yang tidak terbatas saat ini guna menyebarkan konten lokal secara lebih luas kepada khalayak.

"Dengan kondisi bahwa segala sesuatu kini sudah sangat borderless ya, tanpa batas, ini menjadi kekuatan bagi kita bahwa kearifan yang kita miliki dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," tutupnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua KPI Pusat beserta jajaran serta Ketua KPID NTB beserta jajarannya, sebagai upaya bersama dalam memperkuat peran media lokal dan meningkatkan eksposur kearifan lokal di Indonesia. (diskominfotikntb)

pada 27 Feb 2024
Hadiri RAT Koperasi PKK Cahaya Abadi, Bunda Lale: Semoga Jadi Koperasi Modern

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat Hj Lale Prayatni Gita Ariadi menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi PKK Cahaya Abadi Provinsi NTB, tahun buku 2023, di Mataram pada 26 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Lale sapaannya, berharap agar Koperasi PKK Cahaya Abadi dapat mengembangkan sayapnya menjadi koperasi modern. Koperasi yang tidak hanya membuka simpan pinjam saja, tetapi juga memiliki usaha pendukung lainnya. 

Hal tersebut, dijelaskan Bunda Lale, karena banyak koperasi yang hanya bergerak pada bidang simpan pinjam namun tak berumur panjang. Banyak anggota yang cepat meminjam namun lambat mengembalikan dan menyimpan uangnya di koperasi. Sehingga roda perekonomian koperasi tak berputar lama. 

"Jadi bapak dan ibu harapan kami mudah-mudahan koperasi ini berjalan baik. Tidak hanya simpan pinjam. Koperasi yang hanya simpan pinjam rawan menjadi mati. Koperasi harus bisa berkembang dengan usaha-usaha yang lain. Itu akan banyak mendatangkan untung," pesan Bunda Lale. 

Bunda Lale juga berharap agar Koperasi PKK Cahaya Abadi NTB dapat terus berjalan baik. Ia berharap para anggotanya dapat tetap semangat untuk membawa koperasi menjadi lebih maju dan modern. Sehingga bisa menjadi contoh bagi koperasi yang lain. 

"Semoga Koperasi PKK Cahaya Abadi bisa menjadi lebih maju dan modern. Sehingga bisa menjadi contoh bagi koperasi yang lain," tandasnya. (novita, opik, kominfotikntb)

pada 26 Feb 2024
Hadiri Pameran Pertanian, Miq Gita Terus Wujudkan NTB Mandiri Pangan

Mataram - Penjabat (PJ) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi menghadiri acara pembukaan sarasehan, seminar nasional dan pameran pertanian organik dalam rangka peringatan puncak ulang tahun Masyarakat Petani Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) Ke - 24 di kantor Brida Provinsi NTB, Senin (26/02/24). Miq Gita sapaan akrabnya penjabat Gubernur NTB mengungkapkan bahwa NTB terus berkolaborasi untuk mewujudkan kemandirian pangan bagi seluruh masyarakat NTB. Kemandirian pangan merupakan ikhtiar bersama yang harus di sukseskan bersama baik pemerintah dan masyarakat. "Alhamdulillah NTB sejak tahun 1984 telah mengubah status dari rawan pangan menjadi lumbung pangan nasional," ungkap Miq Gita. Hal itu dibuktikan bahwa Provinsi NTB merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang belum terjamah beras impor. Sehingga kedepannya, kemandirian pangan merupakan fokus pemerintah untuk tetap dijaga. "Kami komitmen untuk mempertahankan daerah kita menjadi daerah mandiri pangan," jelasnya. Sementara itu, Ketua Maporina Provinsi NTB, Prof Ir H Sarjan mengungkapkan bahwa rangkaian ulang tahun Maporina yang Ke - 24 untuk mensosialisasikan bagaimana pertanian organik yang efisien dan kualitas hasil yang cukup baik. "Kita harapkan bahwa UMKM anggota Morina terus meningkat dalam mendukung usaha tani yang dilakukan secara organik," jelasnya. Selain itu, lanjutnya, Maporina merupakan organisasi yang dibentuk juga untuk mendekatkan para produsen dengan para konsumen. (Manikpkominfo)

pada 26 Feb 2024
Pj Gubernur NTB Hadiri Launching Ticket MotoGP dan ARRC 2024

Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si didampingi Badan Penghubung Daerah Provinsi NTB menghadiri Undangan MGPA dalam rangka Launching ticket MotoGP dan ARRC 2024 bertempat di Jakarta Expo Kemayoran Hall C1, Sabtu, 24 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Miq Gite sapaan Pj Gubernur, menyampaikan antusiasme masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTB menyambut digelarnya event ARRC pada tanggal 26 hingga 28 Juli 2024 dan MotoGP tanggal 27 hingga 29 September 2024 mendatang. 

Miq Gite juga menegaskan bahwa Pemprov NTB bersama Kabupaten dan masyarakat terus berbenah semakin baik, demi mendukung penuh terselenggaranya acara dengan semakin baik. Tak ketinggalan pula beliau menitipkan Acara Bau Nyale Kisah Legenda Putri Mandalika, yang telah dilakukan dengan perhitungan Kalender Sasak bertepatan pada tanggal 29 Februari 2024. Miq Gite mengajak untuk berbondong-bondong datang pada acara ini. 

Miq Gite juga mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan MGPA, ITDC, Injourney, IMI dengan berbagai inisiasi untuk menyelenggarakan berbagai event Internasional olahraga otomotif di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok. Ekspresi Masyarakat NTB oleh Miq Gite dituangkan dalam pantun.

"Plecing kangkung ayam taliwang, kopi pait ditambah gula, kami tersanjung bila bapak ibu datang, ke Sirkuit Mandalika," ungkapnya. 

Penjabat Gubernur NTB yang akrab kita menyapa beliau Miq Gite, hadir langsung menyampaikan antusias masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTB akan digelarnya event ARRC pada tanggal 26 hingga 28 Juli 2024 dan MotoGP tanggal 27 hingga P, ungkapnya syukur Alhamdulillah rasa bahagia dan 

Sementara itu, Yudistira Setiawan Pgs SVP of Corporate Secretary In Journey menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk selalu menghadirkan event-event berskala internasional di Sirkuit Mandalika. Selain itu, injourney menunjukkan exposure kepada dunia bahwa keelokan Mandalika dan keberagaman seni budaya NTB. Menurut Yudi bahwa setiap eventnya selalu dibarengi pesta rakyat.

Dengan mengusung sport tourism setiap eventnya, injourney perusahaan plat merah BUMN ini berkomitmen hadir sebagai agen of development antar sesama agents dalam rangka meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Turut ditambahkan oleh pihak Ikatan Motor Indonesia Bapak Eddy Saputra Deputi Olahraga IMI bahwa event 2024 dalam penyelenggaraan MotoGP mulai dari Marshall COC pada kali ini semua dipegang oleh Tim Mandalika. 

Disampaikan pula dari pihak ITDC Mas Wenda Ramadya Nabiel Human Capital and Legal Compliance Director bahwa bersumber dari litbang kompas tahun 2023 lalu multi layer effect adanya event ini membawa dampak yang sangat baik selain bagi NTB sendiri namun nasional juga. 

Perihal tiket, Bapak Priandhi Satria President Director of Mandalika Grand Prix Association memaparkan adanya dukungan kolaborasi IMI, ITDC, Injourney ini event skala internasional akan menghadirkan Shell Eco-Marathon kelas Asia Pasifik, bahkan potensi nama besar Lamborghini, Ferrari, dan Porsche telah dilakukan diskusi dan penjajagan.

Tiket MotoGP 2024 di bagi dalam beberapa kelas dari yang termurah Rp. 700.000 tiket festival - general admission, regular grandstand diharga 800.000 dan 1juta rupiah. Kemudian kelas Premium grandstand di harga 2juta hingga 2,5juta rupiah sedangkan kelas tertinggi yaitu vip hospitality class di harga 15 juga dan 20 juta rupiah. 

Acara ini turut dihadiri oleh berbagai awak media nasional baik cetak maupun elektronik. (novita, kominfotik ntb)

pada 25 Feb 2024
Senam Bersama, Bunda Lale Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Bunda Hj Lale Prayatni Gita Ariadi, istri Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat mengajak masyarakat rutin berolahraga untuk hidup sehat. 

"Masyarakat harus sehat jasmani dan rohani. Harus ada keseimbangan. Ajak keluarga rutin berolahraga", ujar Bunda Lale saat mengikuti kegiatan senam bersama dalam rangkaian HUT Klub Jantung Sehat, Yayasan Jantung Indonesia NTB ke 46 di RTH Petemon, Pagutan, kota Mataram, Ahad (23/02). 

Bunda Lale menyambut baik kegiatan ini agar tetap bisa merawat kesehatan. Terlebih dengan bertambahnya usia, dirinya yang pernah menjadi pelatih senam mengakui manfaat olahraga dalam aktifitas sehari hari

Sementara itu Ketua Harian Klub Jantung Sehat, dr Hamzi Fikri mengatakan, rawat dan sayangi jantung kita dan menjalankan Panca Usaha Jantung Sehat Seimbangkan Gizi, tidak merokok, hadapi dan atasi Stress serta mengawasi tekanan darah dan eratur berolahraga agar jantung tetap sehat dengan mengenali dan merawat jantung. 

Selain lomba senam yang diikuti organisasi perempuan dan anggota klub, rangkaian hari ulangtahun juga mengkampanyekan dan mengedukasi kesehatan jantung bagi masyarakat. (jm)

pada 25 Feb 2024
Fashion Show Ramadhan Ethnic, Bunda Lale : Desainer Muda NTB Membanggakan

Pj Ketua Dekranasda NTB, Ir. Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi mengaku bangga dengan bakat para desainer muda dari kalangan pelajar SMK se pulau Lombok. Fashion Show bertajuk "Ramadan Ethnic" yang diikuti desainer se-Pulau Lombok di Lombok Epicentrum Mall, Kamis (22/2/2024) menjadi ajang untuk menunjukkan bakat-bakat para desainer muda memajukan Wastra NTB.

Ia berharap terselenggaranya kegiatan ini akan semakin mendukung potensi dan kemajuan para desainer NTB.

"Ini adalah ajang menampilkan berbagai kreatifitas, apalagi lmalam ini anak-anak SMK memperlihatkan kreatifitas mereka," tuturnya.

Kedepannya, Bunda Lale berharap akan semakin banyak kegiatan fashion show serta ruang bagi para desainer NTB untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuannya. Ia juga akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para desainer muda NTB untuk ikut serta menyaksikan bahkan mengikuti ajang fashion show tingkat nasional.

Salah satu upaya tersebut adalah melibatkan pelajar SMA/SMK ikut serta dalam gelar Lombok Sumbawa Tenun Festival mendatang. 

Bunda Lale juga menyebut pentingnya Wastra NTB agar memiliki motif atau ciri khas yang akan membuatnya semakin mudah dikenali masyarakat.

"Para juara nanti bisa kita ajak ke Jakarta untuk menonton kegiatan fashion show disana, dan semoga semua SMK yang memiliki jurusan tata busana bisa mengikutsertakan anak didiknya di Lombok Sumbawa Tenun Festival," ucap Bunda Lale.

Kegiatan ini melibatkan puluhan desainer muda dan model dengan beragam desain busana muslim bertema etnis menggunakan kain tenun dan wastra. (jm/her/Kominfotik)

pada 23 Feb 2024
Resmikan Jembatan Jatibaru, Pj Gubernur NTB Imbau Masyarakat Tanam Banyak Pohon

Bima - Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menandatangani prasasti peresmian pekerjaan pembangunan Jembatan Jatibaru (23/2/2024). Jembatan tersebut berlokasi di Jalan Datuk Dibanta-Batas Kota, selesai dibangun pada tahun 2023. Bentang jembatan tersebut 10 meter yang dikerjakan kontraktor CV. Yunita dan konsultan supervisi CV. Asriguna Kreasi Samawa. Adapun dukungan anggaran pembangunan sebesar Rp 3,9 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari APBN.

 

Dalam kesempatan tersebut, Miq Gite Sapaan Gubernur, mengimbau kepada seluruh pihak untuk memasifkan penanaman pohon. Hal tersebut demi menjaga Provinsi NTB tetap asri dan lestari serta terhindarkan dari berbagai ancaman bencana yang disebabkan penebangan pohon. 

 

"Setelah ini mari kita menanam pohon, kemudian pohon, dan pohon. Jangan hanya nebang, nebang, nebang. Tanam pohon ramai-ramai supaya ketika air turun ada yang nyerap dan tidak terjadi banjir,” tutur Miq Gite kepada masyarakat yang hadir.

 

Turut membersamai Pj Gubernur NTB di Jatibaru, Pj Walikota Bima H. Muhammad Rum, jajaran dinas PUPR dan berbagai unsur masyarakat. Menyudahi kunker di Jatibaru, Miq Gite mengajak masyarakat untuk mengantisipasi banjir dengan beramai-ramai menanam pohon serta menjaga kelestarian lingkungan yang sehat dan segar. Lingkungan lestari, alam bestari. (nov/dyd/kominfotikntb)

pada 23 Feb 2024
Lawan Destructive Fishing, Pj Gubernur NTB Hadiri Rakor di Bima

Bima - Penjabat Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Penangkapan Ikan yang Merusak Sumber Daya Kelautan dan Perikanan atau Destructive Fishing (DF), khususnya di wilayah perairan Kabupaten Bima. Rakor tersebut diadakan di Kota Bima (22/2/2024).

 

Rakor membahas rencana aksi penanganan maraknya kegiatan penangkapan ikan atau Destructive Fishing (DF) seperti pengeboman ikan, penggunaan racun dan bius ikan. Rakor juga menyepakati kerja sama penanggulangan DF yang diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepakatan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Miq Gite sapaan gubernur, menjelaskan untuk menanggulangi DF diperlukan pendekatan dan sosialisasi intensif kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut diberikan khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan masyarakat pada umumnya. 

 

Selain itu, Miq Gite juga menyebutkan perlunya pelibatan aparat keamanan yang bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menegakkan peraturan sehingga dapat menumbuhkan kesadaran yang lebih cepat untuk melahirkan perubahan perilaku masyarakat menuju perilaku yang lebih konstruktif.

 

“Kami hadir di sini untuk membersamai ibu dan bapak-bapak sekalian untuk terapan langkah-langkah yang sudah kita susun bersama. Dari berbagai seri diskusi dan koordinasi yang hasilnya tentu tidak hanya menjadi catatan manis di atas kertas, tetapi menjadi evaluasi sekaligus akselerasi untuk mendapatkan solusi sehingga permasalahannya bisa tertangani dengan sebaik-baiknya,” jelas Miq Gite.

 

Sementara itu, Kepala Dislutkan NTB Muslim, ST, MSi mengatakan, rakor forum penanganan DF di Bima adalah satu upaya dan langkah kongkret pemerintah yang mengajak masyarakat untuk mencegah kerusakan sumber daya alam kelautan dan perikanan agar dapat ditekan seminimal mungkin sehingga kelestarian laut dapat terjaga dan berkelanjutan.

 

Pada pengujung acara, Pj Gubernur NTB bersama Bupati Bima dan Pj Walikota Bima menyaksikan penandatanganan nota kesepakatan tentang kerja sama penanganan DF di wilayah perairan Kabupaten Bima antara Dislutkan NTB, Dislutkan Kabupaten Bima, Pangkalan TNI AL Mataram, Ditpolairud Polda NTB, Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Benoa, Camat Lambu dan Kepala Desa Bajo Pulo.

 

Nota kesepakatan tersebut, diantaranya berisi tentang rencana aksi penanganan DF, upaya pemberdayaan masyarakat, sosialisasi dan edukasi, pengawasan dan patroli serta pembinaan dan peningkatan peran Pokmaswas. (nov/dyd/kominfotikntb)

pada 23 Feb 2024
Pemprov NTB Berkolaborasi dengan Unicef dan PKBI NTB, Tingkatkan Layanan Water Sanitation and Hygiene (WASH)

Mataram, Diskominfotik NTB - Pemerintah Provinsi NTB berkolaborasi dengan Unicef dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTB untuk terus berupaya meningkatkan layanan Water Sanitation and Hygiene (WASH) yang responsif kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial (Gedsi) dan berketahanan pada puskesmas di Provinsi NTB. 

 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Tuti Herawati, S.SiT,MPH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unicef dan PKBI NTB yang terus menjalan kolaborasi dengan Pemprov NTB, sehingga dapat memberikan kebermanfaatan bagi kita semua.

 

"Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi bersama kita bisa, sehingga mampu mengarahkan puskesmas kedepannya," ungkapnya saat membuka acara lokakarya yang berlangsung di Puri Indah Hotel, Mataram, Jum'at (23/02).

 

Ia juga mengatakan bahwa kondisi kesehatan di Provinsi NTB, seperti kematian ibu dan anak, stunting dan berbagai masalah lainnya menjadi perhatian kita bersama. "Kesehatan lingkungan sangat esensial karena mampu menunjang upaya - upaya dalam penanganan berbagai masalah, tuturnya.

 

Bu Tuti berharap agar kegiatan lokakarya tersebut dapat memberikan identifikasi pemetaan tugas yang bisa dilakukan di puskesmas, sehingga berbagai persoalan dapat diselesaikan bersama.

 

"Harapannya dengan lokakarya ini kemudian hasilnya diperoleh dan dapat diidentifikasi siapa yang melakukan apa, mana yang bisa dilakukan secara mandiri oleh puskesmas, dan yang bisa dibantu oleh Pemprov, Unicef, PKBI NTB dan seluruh sektor lainnya," tuturnya. 

 

Sementara itu, mewakili Direktur PKBI NTB, Yuni Riawati selaku Wash officer programmer jelaskan bahwa kegiatan ini selaras dengan tujuan dari PKBI NTB, yaitu meningkatkan derajat kehidupan ibu dan anak.

 

"Semoga dengan kehadiran PKBI NTB menjadi peningkatan derajat kesehatan untuk Ibu dan anak," pungkasnya.

 

34 orang perwakilan Puskesmas yaitu Kepala Puskesmas dan Sanitarian yang berasal dari 10 puskesmas Lobar dan 7 PKM kota Mataram yang terlibat di acara Lokakarya di kota Mataram. Acara yang sama juga akan digelar di Kabupaten Lombok Timur pada 24 Februari denga. Melibatkan masing-masing perwakilan dari 18 puskesmas. (diskominfotikntb)

pada 23 Feb 2024
Pemprov NTB Dukung Pengkajian Implementasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila di Satuan Pendidikan

Mataram-Pemerintah Provinsi NTB mendukung penuh ikhtiar pengkajian implementasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila pada satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Hal ini dilakukan bagi percepatan dan peningkatatan Indeks Aktualisasi Pancasila demi terciptanya generasi dengan ideologi Pancasila yang kokoh. 

 

Hal tersebut diungkapkan Asisten III Setda Provinsi NTB H. Wirawan Ahmad mewakili Pj Gubernur NTB menghadiri pada acara Temu Wicara untuk Kajian Lapangan dan Akseptasi ke Pemerintah Daerah untuk mengetahui langsung proses dan masukan dari penerapan Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila sebagai bahan rekomendasi. Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan digelar di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur Pemprov NTB Kamis (22/2/2024).

 

Menurut Wirawan, indeks aktualisasi Pancasila seringkali luput dari perhatian saat penyusunan berbagai dokumen pembangunan daerah. Padahal menurutnya, ini merupakan hal yang penting demi membangun daerah yang berlandaskan kesatuan Pansancila.

 

"Indeks aktualisasi Pancasila ini kadang luput kita akomodir dalam dokumen pembangunan daerah jangka panjang maupun pendek. Padahal indeks ini sangat relevan dengan permasalahan dihadapi negara dan global," jelasnya. 

 

Oleh karena itu, atas nama Pemprov NTB, Wirawan menyampaikan dukungannya terhadap peningkatan IAP dimulai dari satuan pendidikan terendah. Hal ini demi melawan penyebaran permasalahan menguatnya politik identitas yang berpotensi memecah belah pertahanan bangsa.

 

"Menghadapi ini kira harus memiliki ketahanan ideologi Pancasila yang kuat, karena dengan ideologi Pancasila yang kuatlah kita bisa survive dengan berbagai perbedaan yang ada di Indonesia hingga saat ini," tutupnya. (novita, her, Kominfotik NTB)

pada 22 Feb 2024
Menampilkan 1 sampai 10 dari 4166 berita
Facebook