Berita

Berita

Berita terkait kegiatan maupun agenda yang akan dilaksanakan di NTB. Berita selengkapnya ada di Website Pemerintah Provinsi NTB
Dispora Adakan Persiapan NTB sebagai Tuan Rumah Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia 2024

Mataram - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat mengadakan rapat persiapan untuk menjadi tuan rumah Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA) tahun 2024. Rapat tersebut dihadiri berbagai pejabat Dispora NTB, Diskominfotik NTB, Dispar NTB, dan perwakilan dari Kemenpora RI serta organisasi kepemudaan. (16/5/2024).

 

Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia adalah program yang bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia melalui kegiatan pertukaran budaya, pendidikan, dan pengalaman di antara pemuda dari kedua negara. NTB ditunjuk sebagai tuan rumah untuk acara bergengsi ini, kesempatan untuk menunjukkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata daerah NTB.

 

Dalam rapat tersebut, berbagai aspek persiapan dibahas secara mendetail, termasuk rencana pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan selama 1 bulan penuh di bulan Desember mendatang, akomodasi, transportasi, kesehatan, dan keamanan. Para peserta rapat membahas pula strategi promosi untuk menampilkan kekayaan budaya dan pariwisata NTB, kepada para peserta pertukaran pemuda dari Australia nantinya.

 

Kepala Dispora NTB Drs. Tri Budi Prayitno, M.Si, menyatakan komitmennya menyukseskan acara PPIA itu dengan baik, dirinya memaparkan kekayaan Budaya dan Pariwisata NTB kepada Perwakilan Kemenpora RI.

 

"Kami siap menyambut para peserta Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia dan memperkenalkan mereka kepada keindahan dan budaya yang dimiliki NTB. Tentunya Ini adalah kesempatan emas menunjukkan keramahan dan potensi daerah di NTB,” ujarnya saat memberikan sambutan kepada peserta rapat di Aula Dispora NTB.

 

Dalam acara rapat tersebut Kepala Diskominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM menambahkan, Diskominfotik NTB siap mendukung dan menyukseskan acara PPIA itu mulai dari dokumetasi dan publikasinya.

 

“Kami dari Diskominfotik siap mendukung, mulai dari mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan bergengsi tersebut,” jelasnya.

 

Program pertukaran tersebut, tidak hanya bertujuan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara, tetapi juga memberikan kesempatan kepada pemuda NTB untuk belajar dan bertukar pengalaman dengan rekan-rekan mereka dari Australia. Diharapkan memberikan dampak positif bagi pengembangan pemuda di NTB dalam berbagai aspek.

 

Dari persiapan yang dilakukan mencakup berbagai rencana aksi yang segera dilaksanakan. Memastikan NTB siap menjadi tuan rumah Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia tahun 2024. Semua pihak yang terlibat berkomitmen bekerja sama dan memberikan yang terbaik demi suksesnya acara tersebut. Acara tersebut dapat pula mempromosikan NTB sebagai destinasi unggulan seperti yang digaungkan Pj Gubernur NTB: Next Time Better. (pnd/dyd/kominfotikntb)

pada 17 May 2024
Pj Sekda NTB Apresiasi Turnamen Kajati Cup 2024

Mataram - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ibnu Salim, S.H.,M.Si mengapresiasi Kejuaraan Tenis Lapangan Beregu "Kajati Cup 2024" yang diselenggarakan Adhyaksa Tennis Club Kejati NTB. Dirinya membuka langsung kejuaraan yang diikuti peserta dari Pemerintahan serta BUMN se-Provinsi NTB di Lapangan Tenis Kejaksaan NTB (17/5/2024). Turnamen kejuaraan Tenis Lapangan Beregu "Kajati Cup 2024" tersebut berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Pj Sekda mengungkapkan, ajang kejuaraan Kajati Cup 2024 ini sebagai pemanasan untuk mempersiapkan diri menghadapi PON 2024 Aceh-Sumut dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) pada tahun 2025 mendatang.

"Kita juga akan berlaga di Aceh pada tahun 2024 ini," ujarnya.

Pj Sekda menilai langkah yang dilakukan Kajati NTB merupakan bagian dari mempersiapkan diri sebagai tuan rumah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2028.

Selain itu, turnamen tersebut juga dalam rangka mempersiapkan atlet-atlet NTB menghadapi berbagai kejuaraan yang akan diselenggarakan beberapa waktu mendatang. 

Pada akhir sambutannya, Pj Sekda NTB berharap kejuaraan Kajati Cup 2024 dapat berjalan lancar dan penuh sportifitas. Dirinya dan seluruh peserta yang bertanding dapat memberikan yang terbaik. (nov/dyd/kominfotikntb-biroadpim)

pada 17 May 2024
Pemprov NTB Jajaki Kerja Sama Pengembangan Perdagangan dengan Kalimantan Timur

Mataram - Penjabat (Pj) Sekda NTB Drs. Ibnu Salim menghadiri acara Penguatan Pengembangan Kerja Sama Perdagangan Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi NTB, bertempat Mataram (17/5/2024).

Dalam sambutannya, Abah Ibnu sapaan akrab Pj Sekda menyampaikan merasa bahagia bersama Provinsi Kalimantan Timur, karena memiliki visi dan misi yang sama dalam rangka memperkuat hubungan kerja sama bidang perdagangan antara dua daerah.

"Sudah pasti temu bisnis kali ini adalah momen untuk membangun kolaborasi untuk sama-sama mengenalkan potensi sumber daya alam masing-masing. Produk-produk yang bisa dikolaborasikan bagi kemajuan bersama dimasa-masa yang akan datang," tandasnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalimantan Timur Dra. Sri Wahyuni, M. PP menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada provinsi NTB telah menerima dengan baik kunjungan ini dalam rangka penguatan pengembangan kerja sama perdagangan.

"Tentunya kami sudah melakukan roadshow ke berbagai daerah, sehingga menyadari provinsi Kalimantan Timur memang daerah yang masih bertumpu pada sumber daya yang belum diperbaharui. Oleh karena banyak upaya yang harus dilakukan ke depan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kaltim," ungkapanya.

Diharapkan, kerja sama ini bukan sebagai awalan dan akhiran tetapi ini sebagai forum bersama untuk bersinergi memperkuat kerja sama bidang perdagangan antara dua daerah. Selain itu hal ini sebagai upaya untuk menjamin kepastian pasokan, dan sama-sama menjaga inflasi.

"NTB juga tidak pernah tinggi angka inflasinya, penduduknya juga lebih banyak tapi mampu memberikan pasokan ke luar daerah, berarti swasembadanya luar biasa," urainya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdis Perdagangan NTB, Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kalimantan Timur, para pelaku UMKM baik dari NTB dan Kalimantan Timur dan tamu undangan lainnya. (san/dyd/kominfotikntb)

pada 17 May 2024
DPRD NTB Menyetujui Raperda Inisiatif, Pj Gubernur NTB: Hajat Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat

Mataram - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB menyetujui sebuah Raperda Inisiatif tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menjadi Perda Provinsi NTB

Hal itu disampaikan pada rapat Paripurna DPRD Provinsi NTB Masa Persidangan II Tahun 2024, dengan agenda Laporan Pansus yang membahas Raperda tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Keputusan DPRD Provinsi NTB tentang Persetujuan 1 sebuah Raperda Provinsi NTB tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menjadi Perda Provinsi NTB, Pendapat Akhir Pj. Gubernur NTB di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi NTB (27/5/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menyampaikan dengan telah disetujuinya Raperda prakarsa Pj Gubernur NTB tersebut, menambah payung hukum dalam melaksanakan berbagai tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Provinsi NTB. 

"Alhamdulillah ini menjadi hajat kita bersama untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pemberdayaan terbaik kepada masyarakat, serta dalam rangka mendorong percepatan pembangunan daerah," ungkap Miq Gite sapaan akrab Pj Gubernur NTB. 

Miq Gite menyampaikan penghargaan kepada pimpinan dan segenap anggota dewan perwakilan rakyat daerah atas komunikasi, koordinasi, dan kerja sama yang baik, serta komitmennya. Ikhtiar bersama membangun Nusa Tenggara Barat yang lebih baik. 

"Besar harapan kita, regulasi yang dibahas dan dihasilkan dalam forum sidang dewan yang terhormat ini, benar-benar bisa berfungsi untuk mengatur jalannya pembangunan ke arah kemajuan, perlindungan kepada masyarakat, serta mampu memberikan manfaat yang besar bagi pencapaian kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera," pungkasnya. (mnp/dyd/kominfotikntb)

pada 17 May 2024
Bunda Lale Pj Ketua Dekranasda : Terimakasih Ibu Negara Sambangi stan Dekranasda dan Belanja Tas Ketak Gentong

Stan Dekranasda NTB pada pameran peringatan HUT ke-44 Dekranas menarik perhatian Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam kesempatan tersebut, ibu Iriana membeli tas ketak gentong  sebanyak tiga buah.

Bahkan, Iriana langsung memakai tas yang merupakan produk khas Lombok tersebut. Selain itu, Ketum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin, Ketua Harian Dekranas, Ny. Tri Tito Karnavian, dan Selvi Ananda selaku Ketua Dekranasda Solo turut berbelanja di stan Dekranasda NTB.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda NTB Hj Lale Prayatni Gita Ariadi mengaku bersyukur dan bangga. Produk buatan asli NTB terbukti memiliki daya tarik yang memikat. 

"Alhamdulillah Ibu Negara tadi berkunjung di stan Dekranas NTB, beliau tertarik dengan tas ketak, dan langsung membeli. Tadi tas itu tidak dikasih ke ajudan, beliau bilang saya pakai langsung katanya. Jadi kita juga senang beliau langsung pakai tas," ungkap Pj Ketua Dekranasda NTB.

Bunda Lale juga menerangkan bahwa sempat berdiskusi ringan bersama Ibu Negara terkait berbagai produk kriya NTB. Terutama dengan kerajinan ketak NTB yang memiliki model sangat unik dan berbeda dari yang lainnya.

Lebih lanjut, Bunda Lale menuturkan pada penjualan hari pertama (Rabu, 15 Mei 2024) tembus 15 juta lebih dan pada hari kedua (Kamis, 16 Mei 2024) penjualan dinilai akan meningkat melihat dari antusiasme masyarakat yang berbelanja di stan Dekranasda NTB.

"Alhamdulillah sekarang ini, kita sudah bagus, mudah-mudahan kedepan juga, semakin baik lagi. Kerja sama NTB Mall dengan Dekranasda mantap," tuturnya penuh semangat.

Pada pameran yang berlangsung di Pura Mangkunegara, Kota Surakarta itu, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) dan para Menteri yang hadir juga tidak ketinggalan berbelanja kerajinan di stan Dekranasda NTB. (Dinas Kominfotik NTB / Adpim)

pada 16 May 2024
Asisten lll Setda NTB, Buka Rakor UKPBJ Kab/Kota se-NTB

Mataram-Asisten lll Setda NTB, H. Wirawan Ahmad menghadiri Rapat Koordinasi UKPBJ Kabupaten/ Kota Se- Provinsi NTB, bertempat di Hotel Astoria Rembiga Mataram, (15/5/2024).

Atas nama pemerintah provinsi NTB, ia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Rakor UKPBJ, sehingga ini menjadi penyemangat dalam meningkatkan unit kerja pengadaan barang dan jasa yang terus meningkat termasuk dari segi SDM dan lain sebagainya.

"Berbicara SDM, tidak hanya memiliki kemampuan tehnis yang memadai tetapi soft skill harus dimiliki," ungkapnya.

Ditambahkan Wirawan, dari segi organisasi diharapkan semakin matang dalam meningkatkan standar pelayanan yang lebih baik.

"Saat ini kita dalam dalam level tingkat kematangan sehingga harus tetap dipertahankan," ujarnya.

Disebutkan Wirawan, cara pandang yang harus dimiliki sebagai ASN dimanapun berada, dalam proses penyelenggaraan pelayanan fungsi pemerintahan itu sifatnya adalah sebuah siklus yang tak pernah putus.

"Jadi tahapan satu dengan tahapan yang lainnya saling mempengaruhi. Sebagai ASN dalam hal pengadaan barang dan jasa harus memiliki komitmen, tahu tugas, dan fungsinya," tukasnya. (Ican/her/Kominfotik)

pada 15 May 2024
Asisten lll Setda NTB, Hadiri Rekonsiliasi Kontribusi Iuran PBI-JK, Iuran Wajib PNS Daerah di Kantor BPJS Kesehatan

Mataram-Asisten lll Setda NTB, H. Wirawan Ahmad menghadiri acara Rekonsiliasi Kontribusi Iuran PBI-JK, Iuran Wajib PNS Daerah, Iuran Wajib Pemda dan DPRD Triwulan I Tahun 2024, antara Pemerintah Daerah Provinsi NTB dan BPJS Kesehatan, bertempat di Aula Kantor BPJS Cabang Mataram, (15/5/24).

Acara Rekonsiliasi yang rutin dilakukan itu untuk memastikan dalam merealisasikan pembayaran iuran yang menjadi kewajiban antara pemerintah dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, kata Wirawan acara ini sebagai ajang bertukar informasi agar bagaimana pelayanan BPJS kedepan makin baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat NTB.

Turut hadir dalam kegiatan rekonsiliasi tersebut, diantaranya Kepala BPJS Kesehatan, perwakilan Dinas kesehatan, Perwakilan Dikbud, BPKAD dan tamu undangan lainnya. (Can/her/Diskominfotik)

pada 15 May 2024
Pemkab Kab/Kota se-NTB Sepakati BA Rekonsiliasi Besaran Pendapatan Daerah Dari Keuntungan Bersih PT. AMNT Periode 2022

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-NTB sepakati hasil rekonsiliasi besaran pendapatan daerah dari keuntungan bersih perusahaan pemegang izin usaha pertambangan khusus periode tahun 2022 dari PT. AMNT, Rabu, 15 Mei 2024, di Kantor Bappenda Provinsi NTB.

Sebagaimana gambaran porsi masing-masing pemda yang diatur oleh undang-undang, Pemda Kabupaten Sumbawa Barat sebagai daerah penghasil mendapat bagian paling besar yakni 2,5 persen atau sekitar USD 27 juta lebih.

Sedangkan pemda kab/kota lainnya mendapatkan bagian sebesar 2 persen atau sekitar USD 22 juta lebih, yang kemudian dibagi sama rata untuk 9 kab/kota lainnya.

Setelah berita acara rekonsiliasi ini ditandatangai, rencananya surat pemberitahuan tagihan akan dilayangkan bersama-sama kepada PT. AMNT tanggal 20 Mei 2024. Sehingga diharapkan sebelum tanggal 3 Juni 2024 pendapatan daerah dari keuntungan bersih PT. AMNT periode 2022 ini dapat diterima oleh seluruh pemerintah daerah se-NTB.

"Ini adalah bagian dari pola komunikasi dan koordinasi yang sudah berjalan dengan baik selama ini, bersama dengan PT. AMNT dan pemerintah kabupaten kota. Semoga semuanya berjalan dengan lancar," kata Kepala Bappenda Provinsi NTB, Hj. Eva Dewiyani, saat membuka acara. (Kominfotikntb)

pada 15 May 2024
Harlah ke -2 ASLI dan Grand Opening ASLI Mandiri Komputer, Pemprov NTB Ajak Kerja Sama melalui e Katalog

Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi M. Si., diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB, Ahmad Mashuri, SH., menghadiri Harlah ke-2 Aliansi Sasak Lombok Indonesia (ASLI) sekaligus Grand Opening ASLI Mandiri Komputer, bertempat di Ruko Asli mandiY Komputer, Jempong Baru Pegesangan Mataram, (14/5/24).

 

Ahmad Mashuri yang pernah menjabat sebagai Karo Kesra Setda NTB itu menyampaikan selamat Harlah yang ke-2 bagi ASLI dan grand opening ASLI Mandiri Komputer.

 

"Mudah-mudahan, usaha dari ASLI ini kedepannya bisa terus berkembang dan bersaing dengan yang lainnya," ungkapnya.

 

Selain itu, Kadis Koperasi dan UMKM mengajak untuk bekerjasama agar masuk e katalog Pemerintah.

 

"Bila mengalami kesulitan masuk e katalog, nanti kita siap lakukan pendampingan dari Dinas. Sehingga pemerintah bisa membelinya melalui e katalog," pungkasnya.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Ketua Majlis Adat Sasak, Ketua Umum ASLI dan jajarannya, tokoh agama, unsur pemerintah dan tamu undangan lainnya.(san/opik/diskominfotik)

pada 15 May 2024
Hadiri Rapim Polda NTB, PJ Sekda : Pemprov NTB Siap Laksanakan Pemilukada 2024

Mataram- Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ibnu Salim S. H., M. Si, CGCAE menghadiri Rapat Pimpinan Polda NTB yang berlangsung di Hotel Lombok Raya, Mataram, Rabu (15/05).

 

Dalam pemaparanya, PJ Sekda menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah siap dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan dilaksanakan bulan November tahun 2024 mendatang.

 

“Pemilukada harus menjadi tanggungjawab bersama, terutama Pemerintah, Partai Politik dan aparat keamanan,”tuturnya.

 

PJ Sekda juga memaparkan terkait langkah - langkah yang telah dilakukan Pemprov NTB dalam mengantisipasi potentie permasalahan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

 

Pertama, menjamin tersedianya pendanaan pelaksanaan Pilkada dengan memfasilitasi percepatan NPHD, baik pihak penyelenggara, pengawasan, maupun pengamanan.

 

Kedua, menyiapkan daftar penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang seakurat mungkin sebagai dasar KPU Dalam menyusun DPS dan DPT.

 

Ketiga, membantu meningkatkan partisipasi pemilih dengan mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana sosialisasi pada O\D termais sengam penyelenggaraan pilkada.

 

Keempat, pembentukan Desk Pilkada di seluruh daerah untuk mendapatkan informasi yang akurat dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pilkada sehingga mempermudah pengawasan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan.

 

Kelima, berkoordinasi dennen Bawaslu, TNI/POLRI uituk melakukan pemetaan potensi konflik dan kerawanan setiap tahapan guna deteksi dini terhadap aspek -aspek yang data mengganggu pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

 

Keenam, penekanan pentingnya Netralitas ASN dan Sanksi terhadap pelanggaran dalam Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

 

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum menyampaikan bahwa tema Rapim kali ini adalah Polda NTB yang presissi siap mendukung percepatan transformasi ekonomi yang enklusif, berkelanjutan nutuk menusu indonesia Maju.

 

“Pertemuan ini juga akan membahas bagaiaman langkah - langkah, target keberhasilan dari penyelenggaran yang akan dilaksanakan dari Pemilukada 2024. Di NTB pemilihan Kepala Daerah harus kita siapkan secara crema agar pemilukada data berjalan aman, lancar dan sukses,” ungkap Kapolda NTB.

 

Acara Rapat Pimpinan Polda NTB 2024 berlangsung khidmat diikuti oleh jajaran Kapolda NTB dan berbagai lembaga terkait. (sherly/her/Diskkominfotik)

pada 15 May 2024
Menampilkan 1 sampai 10 dari 4295 berita
Facebook