Berita

Berita

Berita terkait kegiatan maupun agenda yang akan dilaksanakan di NTB. Berita selengkapnya ada di Website Pemerintah Provinsi NTB
Kajian Dampak Ekonomi Daerah Pasca MXGP, Gubernur NTB : Menjadi Motivasi Semangat Bagi Daerah Lain

Mataram -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB sebagai lembaga pengolahan data melakukan kajian terkait seberapa besar dampak ekonomi pada kegiatan MXGP Samota 2022. Sebanyak 29 orang surveyor dengan jumlah responden yang terealisasi 581 responden.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah berharap agar data yang dikelola BPS segera terkumpul, sehingga hasilnya dapat memberikan motivasi semangat kepada daerah - daerah lain untuk menyelenggarakan event Internasional.

"Studi kita ini, betul - betul menciptakan pelecut semangat kepada semua daerah," ungkap Gubernur NTB saat mengunjungi secara langsung Kantor BPS Provinsi NTB, Kamis (30/06).

Senada dengan Gubernur NTB, Komandan Lapangan MXGP Indonesia, Ridwansyah mengatakan bahwa data - data yang dikelola BPS dapat memberikan motivasi bagi pemerintah daerah lain.

"Dengan adanya angka angka ini, kami yakini dapat memberikan motivasi bagi Pemerintah daerah lain, karena setiap daerah memiliki destinasi yang bisa layak untuik dibuatkan event - event internasional," tuturnya.

Selain itu, Ridwansyah mengucapkan terimakasih kepada BPS NTB karena dengan adanya data - data yang diolah dapat mengukur dampak perekonomian daerah.

"Kami sangat berterimakasih dengan BPS, sehingga dengan adanya data ini kita bisa mengukur, masa pandemi ternayata event - event seperti ini mampu mengungkit ekonomi didaerah," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPS NTB, Drs. Wahyudin, MM menjelaskan bahwa kajian ini dilakukan dengan sinergitas seluruh stakeholder, sehingga survey dilapangan dapat berjalan lancar.

"Alhamdulillah, selama penyelenggaraan kemarin, teman - teman dari BPS Provinsi NTB, BPS Sumbawa dan ditambah surveyer sebanyak  20 surveyer yang direkrut oleh Pemda Sumbawa, sehingga terkumpul sebanyak 581 responden dari target kami 560 jadi melampaui dari target," pungkasnya. (ser/opk/diskominfotik)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
NTB Jadi Pusat Data iklim Terbesar di Asia Tenggara

Mataram-Provinsi Nusa Tenggara Barat siap dijadikab sebagai  daerah pengambilan data iklim terbesar di Asia Tenggara.

Kesiapan Provinsi NTB  tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat menerima presentasi John Laurence Higson selaku
Direktur PT. Eco Solutions Lombok di Ruang Kerja Wagub, Kamis (30/6).

Audiensi Higson sendiri kepada Wagub NTB  guna mempresentasikan proyek Alas Strait Climate Alliance bersama (ASCA) PT. ESL.

"We are ready," ucap Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub.

Dikatakan Ummi Rohmi, kesiapan tersebut merupakan bentuk nyata Provinsi NTB yang selalu konsen terhadap isu lingkungan. Sejalan dengan misi NTB Asri dan Lestari untuk mewujudkan NTB Gemilang. 

Sementara itu, kedatangan John Higson bersama timnya untuk memaparkan berbagai program terkait lingkungan dan pembangunan berbasis rendah karbon di Provinsi NTB yang akan menjadi daerah prioritas pendanaan FCDO untuk proyek Alas Strait Climate Alliance. 

PT ESL telah mengusulkan ke lembaga donor  atas nama proyek ASCA  lebih dari 100 unit peralatan stasiun cuaca yang  akan disebar di wilayah agroforestry dan smart farming NTB.

Dari 100 unit stasiun cuaca, 5 diantaranya sudah tiba sebagai tahap awal pengiriman. Hal ini akan menjadikan NTB sebagai daerah pengambil data iklim terbesar di Asia Tenggara. Sponsorship ini adalah melalui kerjasama dengan Pessl Instrument-Austria yang merupakan mitra dari PT ESL.

Dijelaskan Higson, mereka akan datang ke NTB pada tanggal 11-15 Juli untuk memasang 5 stasiun cuaca pertama dan memberikan training untuk pejabat pemerintah NTB dan Dosen UNRAM serta UNRAM tentang cara penggunaan alat tersebut. (novita, her, diskominfotikntb)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Hadiri Rakornas KMHDI, Ini Pesan Gubernur NTB, Bang Zul

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah, SE, MSc berpesan kepada peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Ballroom Hotel Prime Park, Mataram, Kamis (30/06/2022), agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik membahas isu-isu strategis bangsa. 

“Tidak usah rapat terlampau lama. Jadi kalau mahasiswa dibiarkan terlampau lama diskusi, panjang diskusinya yang hadir bukan batin atau hati yang tertautkan, tapi banyak debat-debat yang sebenarnya tidak perlu,” pesannya.

Mendampingi Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dalam rangkaian kunjungan kerja dua hari di NTB, Gubernur juga mengajak para peserta yang hadir tidak hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan tetapi juga dapat menikmati keindahan pariwisata yang ditawarkan NTB dan daerah-daerah sekitarnya, seperti Bukit 360, lokasi untuk menikmati Sirkuit Mandalika.

Wapres Ma'ruf Amin dalam Rakornas bertema “Merawat Indonesia”, memberikan tiga pesan khusus yang perlu ditindaklanjuti oleh para pemuda yang tergabung dalam organisasi tersebut.

Pertama, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia dapat memperkuat organisasinya agar semakin solid secara internal, hingga mampu mengajak anak bangsa untuk memperkuat nasionalisme, merangkul kemajemukan, mencintai budaya, mengembangkan diri di tengah kemajuan teknologi, serta membangun bangsa dan menjaga bumi agar tetap layak huni. 

Yang kedua, Wapres menekankan, forum Rakornas untuk menggali gagasan, menemukan terobosan dan menentukan langkah strategis dalam membantu pemerintah menyiapkan SDM yang berkualitas. Baik penguasaan ilmu pengetahuan, inovasi dan kreativitas maupun wawasan kebangsaan. 

Terakhir, kata Wapres, KMHDI dapat memberikan rumusan gagasan dan mendukung pemerintah dalam menjalankan tugas sebagai tuan rumah G20.

“Saudara sekalian juga diharapkan aktif dalam event G20 yang menggandeng kaum muda, termasuk dalam pemberitaan positif melalui media sosial,” harap Wapres.

Sementara, Ketua Presidium KMHDI I Putu Yoga Saputra mengungkapkan, tema “Merawat indonesia” mengandung makna bahwa seluruh kader KMHDI memiliki semangat juang yang sama dalam menjaga nilai-nilai dasar atau falsafah hidup bangsa. Selain itu keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah anugerah. Dikatakannya, sebagai generasi penerus, KMHDI harus turut menjaga dan bertanggung jawab membawa Indonesia menjadi negara maju. 

Hadir pula dalam acara tersebut, Walikota Mataram Mohan Roliskana, Ketua Presidium Forum Alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, Forkopimda dan Ketua PD/PC KMHDI se-Indonesia.

Sementara Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Nasrullah, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Aziz, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.(jm)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Gubernur NTB Zulkieflimansyah Serahkan Bantuan untuk Rumah Singgah Nusantara RBGI

MATARAM - - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menyerahkan beberapa bantuan untuk rumah Singgah Nusantara di Mataram, Rabu (29/6).  Dinas sosial dan NTB Care menyerahkan secara simbolis bantuan  antara lain berupa Kasur, Selimut, Tikar hingga tongkat netra. 

Rumah Singgah Nusantara sendiri terletak  di Jalan Raden Mas Panji Anom, Gang Gabus Pagutan kota Mataram, dikelola oleh Relawan Bumi Gora Indonesia (RBGI), sebuah lembaga independen yang telah banyak membantu Pemerintah untuk menyediakan hunian nyaman bagi warga tidak mampu, khususnya yang sedang menjalani rawat jalan di Rumah sakit. Bagi mereka yang rumahnya jauh, rumah singgah sangat bermanfaat dan tidak dipungut biaya alias gratis.

"Terimakasih kepada bapak Gubernur dan ibu Wagub NTB, atas segala bentuannya," kata Parmiwati, Amd, Koordinator Rumah Singgah Nusantara Relawan Bumi Gora Indonesia. 

Menurutnya, bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dari berbagsi daerah se-NTB. Sehingga ikhtiar untuk kembali sehat dan sembuh dari sakit yang diderita. Ia juga berharap, sinergi dan kerjasama antara pemerintah Rumah Singgah Nusantara Relawan Bumi Gora Indonesia terus terjalin. 

Sementara itu, Ketua Tim NTB Care Dr.Ir. H. Amry Rakhman, M.Si menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih Pemprov NTB kepada berbagai lembaga yang telah bersama-sama berjuang untuk kemanusiaan. Adapun RBGI merupakan salah satunya dan berharap lembaga-lembaga serupa juga dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk misi kemanusiaan ini. 

"Bapak Gubernur dan Bu Wagub NTB menitipkan salam dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas ikhtiar dan kerjasama kepada Relawan Bumi Gora Indonesia yang telah bersama - sama memberikan pelayanan untuk masyarakat NTB, khususnya mereka yang tidak mampu" ucap Dr. Amri yang juga merupakan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan Infrastruktur dan Pembangunan tersebut. (edy/opic/diskominfotikntb/NTBCareOfficial)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Wagub NTB Apresiasi Progres Penyelesaian Permasalahan P3D Pemerintah Kabupaten Bima dan Kota Bima

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi progres Penyelesaian Permasalahan Barang Milik Daerah P3D antara Pemerintah Kabupaten Bima dan Kota Bima. 

"Progres yang ada sungguh menunjukan keseriusan kita," tutur Wagub. 

Hal tersebut disampaikan saat rapat tindak lanjut penyelesaian permasalahan Barang Milik Daerah P3D dan Penandatangan Berita Acara Serah Terima dari Pemerintah Kabupaten Bima kepada Pemerintah Kota Bima di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur Provinsi NTB, Kamis 30 Juni 2022. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengucapkan terima kasih kepada KPK dan Pemprov NTB yang telah memfasilitasi penyelesaian permasalahan tersebut. Ia memaparkan  setelah rapat yang dilaksanakan oleh KPK pada tanggal 30 Mei, KPK memberikan kesempatan untuk memverifikasi atas berita acara yang berupa 391 aset. Dan Bupati menjelaskan, atas kerja tim sampai tanggal 20 juni terverifikasi aset sejumlah 264 aset, ditambah 28 bangunan baru  yang terbangun dalam tanah yang terdapat 246 aset tersebut.

Hj. Indah Dhamayanti Putri melanjutkan, dari 391 yang sudah selesai terverifikasi dan  tidak mendapatkan masalah yaitu 246,Selanjutnya diatas 246 ini terdapat 28 bangunan sehingga jumlah yang ditandatangani pada tanggal 20 yang lalu bersama pemerintah kota yaitu 280 objek.

"Sesuai dengan kesepakatan kami dengan pemerintah kota yang juga dalam konsultasi yang kami laksanakan sampai dengan ke kementrian dalam negeri menyepakati bahwa barang milik daerah yang sudah dikirim dan clear yang akan kami serahkan ke pemerintahan kota. Bagi beberapa aset yang masih menuai permasalahan akan dilaksanakan rekonsiliasi lanjutan yang nantinya kami juga tetap mengharapkan pendampingan," jelas Hj. Indah Dhamayanti Putri. (novita, opik, diskominfotikntb)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Ribuan Peserta Ikuti Pawai Ta'aruf Dari 10 Kabupaten/Kota se-NTB Jelang Pembukaan MTQ ke-29

Ribuan peserta Pawai Ta'aruf dari Kafilah 10 Kabupaten/Kota mengikuti pawai ta'aruf start mulai dari Terminal Pancor sampai finish di Taman Rinjani Selong. Terlihat antusias masyarakat Lombok Timur  menonton sepanjang jalan TGKH. Zainuddin Abdul Madjid. Diperkirakan awalnya yang mengikuti pawai ta'aruf Musabaqah Tilawatil Qur'an diperuntukkan bagi para kafilah agar ditahu oleh masyarakat Lombok Timur kafilah mana saja yang ikut berpartisipasi dan bertanding.

"Akan tetapi hari ini diluar ekspektasi Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menurunkan ribuan ASN, tidak hanya itu Lombok Timur juga menurunkan satuan pendidikan. Sehingga menurut perhitungan oleh penyelenggara mencapai ribuan bahkan di angka 10 ribu lebih yang ikuti pawai ta'aruf," jelas Ketua Umum Pantia Penyelenggara MTQ Drs. H. Muhammad Juaini Taofik, M.AP., saat menyaksikan langsung para kafilah di Taman Rinjani Selong sebagai tempat Finish, Lombok Timur, (30/06).

H. Muhammad Juani Taofik yang juga Sekda Kabupaten Lombok Timur menjelaskan terkait kegiatan, ini adalah hari yang kedua beberapa jam lagi akan menuju kegiatan pembuakaan MTQ di lapangan Gotong Royong Masbagik dan sudah disiapkan cukup spektakuler.

"Sebelumnya juga, tadi malam telah sukses dilakukan kegiatan malam ta'aruf bagi para kafilah yang dihadiri langsung oleh wakil Gubernur NTB," jelasnya.

Disebutkan Juani, sebagai tuan rumah moto utamanya adalah sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Sehingga diperkirakan pada pembukaan nanti malam akan dihadiri 7-9 ribu penonton.

"Kami berharap Penyelenggaraan pembukaan nanti malam kita doakan bisa sukses berjalan dengan lancar. Sehingga MTQ sebagai ajang membumikan Al-Quran sebagai tuntunan hidup benar-benar terjadi bagi masyarakat Lombok Timur," pungkasnya. (san/opik/diskominfotik)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Wagub NTB Apresiasi Progres Penyelesaian Permasalahan P3D Pemerintah Kabupaten Bima dan Kota Bima

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi progres Penyelesaian Permasalahan Barang Milik Daerah P3D antara Pemerintah Kabupaten Bima dan Kota Bima. 

"Progres yang ada sungguh menunjukan keseriusan kita," tutur Wagub. 

Hal tersebut disampaikan saat rapat tindak lanjut penyelesaian permasalahan Barang Milik Daerah P3D dan Penandatangan Berita Acara Serah Terima dari Pemerintah Kabupaten Bima kepada Pemerintah Kota Bima di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur Provinsi NTB, Kamis 30 Juni 2022. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengucapkan terima kasih kepada KPK dan Pemprov NTB yang telah memfasilitasi penyelesaian permasalahan tersebut. Ia memaparkan  setelah rapat yang dilaksanakan oleh KPK pada tanggal 30 Mei, KPK memberikan kesempatan untuk memverifikasi atas berita acara yang berupa 391 aset. Dan Bupati menjelaskan, atas kerja tim sampai tanggal 20 juni terverifikasi aset sejumlah 264 aset, ditambah 28 bangunan baru  yang terbangun dalam tanah yang terdapat 246 aset tersebut.

Hj. Indah Dhamayanti Putri melanjutkan, dari 391 yang sudah selesai terverifikasi dan  tidak mendapatkan masalah yaitu 246,Selanjutnya diatas 246 ini terdapat 28 bangunan sehingga jumlah yang ditandatangani pada tanggal 20 yang lalu bersama pemerintah kota yaitu 280 objek.

"Sesuai dengan kesepakatan kami dengan pemerintah kota yang juga dalam konsultasi yang kami laksanakan sampai dengan ke kementrian dalam negeri menyepakati bahwa barang milik daerah yang sudah dikirim dan clear yang akan kami serahkan ke pemerintahan kota. Bagi beberapa aset yang masih menuai permasalahan akan dilaksanakan rekonsiliasi lanjutan yang nantinya kami juga tetap mengharapkan pendampingan," jelas Hj. Indah Dhamayanti Putri. (novita, opik, diskominfotikntb)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Kunker Wapres ke NTB, Pastikan Wabah PMK Terkendali di Musim Qurban

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah SE, MSc mendampingi Wakil Presiden Repubilk Indonesia, KH Ma'ruf Amin berkunjung ke Kelompok Tani Ternak (KTT) di Gerung, Lombok Barat, Kamis (30/06) untuk memastikan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terkendali. 

Dalam rangkaian kunjungan Wapres di NTB, KTT Reyan Baru, Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, Lombok Barat dinilai berhasil melalui kondisi sulit menghadapi wabah penyakit yang menjangkiti ternak sapi. 

"Pemerintah prihatin dan membuat kebijakan vaksinasi pada hewan ternak sapi", ujar kyai Ma'ruf. 

Dikatakannya, langkah pemerintah melakukan vaksinasi di beberapa daerah untuk mencegah penularan pada sapi sehat terutama di musim  Hari Raya Idul Qurban saat kebutuhan umat Muslim akan daging sapi meningkat. Iapun menghimbau para petugas agar terus mengawasi dan memastikan hewan qurban bebas PMK. Termasuk distribusi ternak sapi keluar daerah harus mengikuti ketentuan Kementerian Pertanian. 

Sementara itu, Ketua KTT Reyan Baru, Sudirman menjelaskan, kelompoknya yang terdiri dari 107 peternak dengan  327 ekor sapi. Saat PMK melanda dimulai sebulan lalu, enam ekor sapi terpapar PMK kemudian bertambah 170 ekor sebelum semua sapi di kandang terjangkit dengan gejala kuku terlepas dan mulut sapi rusak.

"Alhamdulillah penanganan yang cepat dari dinas terkait Lombok Barat cepat memulihkan kondisi sapi sapi ini" jelasnya. 

Terkait kedatangan Wapres, pihaknya meminta pagar atau tembok pembatas kandang yang bersebelahan dengan jalan umum agar anak anak sapi tak lagi ditabrak lalu lintas kendaraan. Selain itu, ia meminta bantuan tiga ekor sapi untuk qurban sebagai selamatan ternak sapi yang bebas PMK. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ahmad Nur Aulia mengatakan angka kasus penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat per 28 Juni 2022 sebanyak 50.184 ekor ternak terserang PMK. Kasus tersebut tersebar di semua kabupaten kota di Pulau Lombok.

"Saat ini sudah tersedia 5000 vaksin dan baru dipakai sebanyak 1900 vaksin yang diberikan pada ternak sapi yang sehat", jelas Aulia. 

Pelaksanaan vaksinasi nantinya akan bekerjasama dengan posko-posko tanggap darurat di daerah. Peruntukannya akan diprioritaskan untuk hewan sehat dan berisiko tinggi tertular, yang berada di sumber pembibitan ternak, peternakan sapi perah milik rakyat dan koperasi susu serta peternakan sapi potong.(jm)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Wagub NTB : Sirkuit Mandalika dan Optimisme Baru Bagi Lokomotif Pemulihan Pariwisata Bali-Nusra dan Nasional

Mataram--Sirkuit Mandalika membawa optimesme baru bagi pertumbuhan kawasan dalam daerah NTB maupun regional Bali dan Nusa Tenggara sebagai Lokomotif pemulihan pariwisata nasional.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah  saat menjadi Keynote Speaker pada Webinar Series Departemen Teknik Infrastruktur Sipil) (DTIS)  Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember ke-8 di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Mataram Kamis (30/6).

Ummi Rohmi panggilan akrab Wagub, ini menjelaskan terdapat banyak dampak positif yang diberikan  dengan kehadiran Sirkuit Mandalika ini. Pemerintah NTB pun juga optimis memasang target akibat dampak positif tersebut.

“Dengan Kehadiran DPSP Mandalika, NTB optimis dapat mempercepat Penurunan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang lebih progresif  dan IPM meningkat,” ucapnya.

Wagub dalam paparannya juga mengungkapkan NTB, tak hanya Sirkuit Mandalika, saat ini NTB memiliki Sport Tourism yang bervariatif. Selain penyelenggaraan WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, terdapat MXGP di pulau Sumbawa tepatnya di Sirkuit Rocket Motor MXGP Samota. Hal ini pula yang menempatkan Sport Tourism menjadi salah satu destinasi unggulan pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi NTB.  “Sport Tourism sebagai destinasi unggulan pariwisata di Provinsi NTB,”ungkapnya.

Selain itu alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini (ITS) Surabaya ini tak henti-hentinya mengajak seluruh mahasiswa, dosen hingga alumni ITS untuk datang dan menikmati indahnya NTB. Dimana NTB memiliki dua pulau yaitu Pulau Lombok dan Sumbawa yang memiliki destinasi-destinasi yang tak kalah indah dan menariknya dengan daerah lain di Indonesia.bahkan mancanegara. (bayu/her/diskominfotikntb)

Bidang IKP pada 30 Jun 2022
Harganas 2022, Wagub NTB Ingatkan Jaga Sinergitas dan Kolaborasi Tangani Stunting

Mataram—Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tingkat Provinsi NTB, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengingatkan kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan NTB agar tetap menjaga sinergitas dan kolaborasi dengan para stakeholders yang ada di NTB untuk menangani Stunting.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB saat menghadiri acara Puncak Peringatan Harganas di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Rabu (29/06).

“Di peringatan Hari Keluarga Nasional ini, kita harus bersama-sama bersinergi untuk menyelesaikan masalah stunting. InsyaAllah kalau kita duduk bersama apalagi Satgas stuntingnya berfungsi dan berdaya, maka angka stunting akan bisa kita monitor tiap bulan,” kata Wagub dalam sambutannya.

Sementara itu, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Drs. Samaan M.Si, menyatakan bahwa dalam rangka menyambut hari puncak peringatan Harganas 2022, BKKBN telah melakukan berbagai pelayanan untuk masyarakat.

“Harganas ini dirangkaikan dengan berbagai macam kegiatan, seperti Sosialisasi tentang pentingnya 1001 Hari Pertama Kehidupan, Pelayanan KB di seluruh Kabupaten/Kota se-NTB dan pelayanan lainnya. Mudah-mudahan dengan pelayanan ini akan berdampak pada penurunan angka stunting di NTB,” jelas Drs. Samaan M.Si.

Sebagai informasi, Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 mengangkat tema utama yaitu “Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting”.

Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu Asisten I Setda Provinsi NTB, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kepala Dinas DPMPD Provinsi NTB, Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi NTB, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, dan para stakeholders lainnya. (dea/ofik/diskominfotikntb)

Bidang IKP pada 29 Jun 2022
Menampilkan 1 sampai 10 dari 1965 berita